Mudah, Begini Cara Tarik Tunai dan Transfer Pakai QRIS

Bank Indonesia memperkenalkan QRIS Tuntas, fitur terbaru untuk tarik tunai dan transfer tunai yang mudah dengan QR code.

Mudah, Begini Cara Tarik Tunai dan Transfer Pakai QRIS
Mudah, Begini Cara Tarik Tunai dan Transfer Pakai QRIS. Gambar : Sumeks.disway.id

BaperaNews - Bank Indonesia (BI) baru saja luncurkan fitur baru tarik tunai dan transfer tunai dengan QRIS.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengungkap fitur terbaru yang bernama QRIS Tuntas ini ialah wujud komitmen BI untuk digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.

QRIS Tuntas siap membantu PJP (penyedia jasa pembayaran) untuk kembangkan fitur tarik tunai dan transfer tunai di outlet mereka secepatnya 1 September 2023 dan selambatnya 30 November 2023 sesuai kesiapan teknologinya. Berikut cara tarik tunai QRIS dan cara transfer QRIS.

Cara Transfer Pakai QRIS

Fitur QRIS transfer memungkinkan pengguna bisa mengirim uang ke sesama pengguna QRIS lainnya dengan QR code baik itu antar PJP bank maupun non bank. Cara transfer QRIS sangat mudah.

Cukup dengan scan kode QRIS yang telah digenerate oleh penerima dana, pilih sumber dana, pastikan jumlah dana yang hendak ditransfer sudah benar, masukkan PIN. Setelahnya akan menerima pemberitahuan bahwa transaksi transfer telah selesai dan berhasil. 

Baca Juga : BI Gratiskan Tarif QRIS Bila Transaksi Dibawah Rp 100 Ribu

Cara Tarik Tunai Pakai QRIS 

Sementara untuk tarik tunai, pengguna QRIS bisa memindah kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang menjadi agen atau mitra tarik tunai. Cara tarik tunai QRIS juga sangat mudah.

Datang ke mesin ATM atau merchant QRIS yang jadi agen dan informasikan berapa nominal yang ingin ditarik. Kemudian scan QR code yang ditampilkan, pilih sumber dana, pastikan jumlah yang ditarik sudah sesuai, masukkan PIN. Secara otomatis saldo akan berpindah dan merchant akan serahkan uang tunai.

Keunggulan dan Biaya QRIS Tuntas

Keunggulan tarik tunai dan transfer dengan QRIS ialah pengguna bisa tarik tunai di mesin ATM tanpa harus memiliki rekening Bank. Misalnya tarik tunai uang elektronik PJP non bank. Biaya tarik tunai dan transfer dengan QRIS juga lebih murah yaitu :

  • Tarik tunai di merchant atau agen Rp 6.500 per transaksi
  • Tarik tunai via ATM Rp 0 alias gratis
  • Transfer Rp 2.500 per transaksi di untuk transaksi bawah Rp 100.000. Transfer lebih dari Rp 100.000 biaya Rp 2.000 per transaksi

Itulah cara tarik QRIS dan cara transfer QRIS yang mulai bisa dinikmati masyarakat secepatnya 1 September 2023 mendatang.

Diharapkan dengan adanya QRIS Tuntas bisa membantu warga yang tidak memiliki rekening Bank tetap bisa bertransaksi dengan mudah, bisa kirim atau terima uang ke saudara atau orang terdekatnya atau untuk kepentingan bisnis dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Mulai September 2023, QRIS Bisa Tarik Tunai Hingga Transfer