Menlu Belarus Vladimir Makei Meninggal Mendadak Jelang Pertemuan Dengan Rusia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Belarus, Vladimir Makei meninggal dunia secara mendadak pada Sabtu (26/11), penyebab kematian Vladimir Makei belum diketahui hingga saat ini.

Menlu Belarus Vladimir Makei Meninggal Mendadak Jelang Pertemuan Dengan Rusia
Menteri Luar Negeri (Menlu) Belarus, Vladimir Makei meninggal dunia secara mendadak pada Sabtu (26/11). Gambar : Archive Reuters

BaperaNews - Menteri Luar Negeri Belarus, Vladimir Makei meninggal dunia pada Sabtu (26/11). Hal ini disampaikan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Belarus, belum dijelaskan secara detail sebab tokoh dekat Rusia tersebut berpulang.

“Vladimir Makei, Menlu Belarus tiba-tiba meninggal dunia hari ini” Tulis Kemenlu Belarus di media sosialnya. “Sebagai Menlu, beliau berkontribusi sangat besar pada penguatan hubungan Rusia-Belarus. Beliau seorang yang profesional dan mapan, patriot tulus dari negaranya, beliau dengan tegas dan efektif membela kepentingan Belarus di platform internasional. Menlu Vladimir Makei meninggal dunia secara mendadak” sambungnya.

Kemenlu Belarus menyampaikan sangat terkejut dengan kematian Vladimir Makei. Vladimir Makei lahir pada tahun 1958, usianya menginjak 64 tahun, ia menjabat sebagai Menlu Belarus sejak Agustus 2012. Makei seharusnya dijadwalkan bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov pada Minggu (27/11).

Presiden Belarus Alexander Lukashenko menyampaikan bela sungkawa kepada kerabat Vladimir Makei. Belarus sendiri ialah sekutu Rusia, berbatasan langsung dengan Rusia dan Ukraina. Sejak Rusia mengirim pasukannya ke Ukraina pada Februari 2022, Belarus juga turut mengirim tentaranya untuk membantu Rusia.

Baca Juga : Jeddah Arab Saudi Banjir Bandang, Penerbangan Ditunda Dan Sekolah Ditutup

Belarus menyebut barat lah yang memprovokasi perang. “AS dan sekutunya terus membangun militer mereka di perbatasan Belarus, pengelompokan mapan meningkat dua kali lipat dalam enam bulan terakhir baik dalam kualitas maupun kualitas” ujar Kepala Angkatan Bersenjata Belarus Viktor Gulevich Selasa (10/5) lalu.

Belarus juga membantu Rusia dengan mengerahkan pertahanan udara, rudal, artileri, dan latihan pasukan. Serta Belarus mengizinkan wilayahnya dipakai menjadi tempat konsentrasi tentara Rusia ketika menyerang Ukraina.

Menlu Belarus Vladimir Makei terakhir kali menghadiri pertemuan internasional di CSTO (Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif) yang merupakan aliansi militer Negara pasca Uni Soviet, pertemuan dilakukan pekan ini di Yerevan.

Belum diketahui penyebab kematian Vladimir Makei, apakah memang karena kondisi kesehatan atau hal yang wajar lainnya atau ada hubungannya dengan politik mengingat sebelumnya salah satu sekutu dekat Vladimir Putin dibunuh oleh orang suruhan Ukraina. Alexander Dugin, diincar untuk dibunuh dengan bom mobil, sayangnya, mobil yang diberi bom justru dipakai oleh putri Alexander, Darya Dugina. Membuat Darya Dugina yang menjadi korban dan tewas. Polisi Ukraina telah menemukan pelakunya dan memastikan pelaku berasal dari Ukraina.

Rusia menyampaikan bela sungkawa dan terkejut atas kematian Menlu Belarus Vladimir Makei. “Kami terkejut dengan laporan kematian Menlu Vladimir Makei, belasungkawa resmi akan segera diterbitkan” ujar Jubir Kemenlu Rusia Maria Zakharova.

Baca Juga : Singapura, Malaysia, Thailand, Dan Brunei Akan Daftarkan Kebaya Ke UNESCO