Mangkrak 17 Tahun, Tol Dalam Kota Bandung Akan Dilanjutkan

Proyek tol dalam kota Bandung yang terhenti selama 17 tahun akan segera berlanjut. Simak Berita Selengkapnya di sini!

Mangkrak 17 Tahun, Tol Dalam Kota Bandung Akan Dilanjutkan
Mangkrak 17 Tahun, Tol Dalam Kota Bandung Akan Dilanjutkan. Gambar : Dok .PT Jasa Marga

BaperaNews - Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyepakati untuk meneruskan rencana pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung (Bandung Intra Urban Toll Road/BIUTR). 

Keputusan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kemacetan yang telah menjadi masalah serius di kawasan perkotaan Bandung.

Pada Rabu (28/03/2024), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin melakukan pertemuan. Salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah proyek BIUTR.

Dalam keterangan resmi yang diunggah di akun Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr pada Kamis (29/2), disebutkan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk meneruskan rencana pembangunan BIUTR yang telah digagas oleh pemerintah. 

Hal ini sebagai langkah nyata dalam menanggulangi kemacetan di wilayah metropolitan Bandung.

Baca Juga : Simak Rincian Tarif Tol Cikampek dan MBZ Terbaru!

Selain proyek BIUTR, Basuki Hadimuljono dan Bey Triadi juga membahas rencana pembangunan ruas Tol Cigatas yang akan menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan Kabupaten/Kota Garut dan Kabupaten/Kota Tasikmalaya. 

Setelah proses adendum selesai, lelang akan dilakukan pada bulan April 2024, dan penetapan pemenang dijadwalkan pada Juni 2024. Selanjutnya, pelaksanaan konstruksi akan segera dimulai.

Selain itu, keduanya juga membahas pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Jawa Barat tahun 2024, yang mencakup rencana perbaikan jalan provinsi, kabupaten, dan kota. Untuk tahun ini, anggaran sebesar Rp 1,2 triliun telah diajukan untuk pelaksanaan Inpres tersebut.

Agenda pertemuan juga mencakup penanganan jalan tambang di Parung Panjang, Bogor. Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan pada jalan provinsi tersebut, serta meminta kepastian untuk pembangunan jalan khusus tambangnya.

Baca Juga : PSN Jalan Tol Terpanjang di RI Akan Dilanjut, Pembebasan Sudah Sampai Garut!