Kronologi Pilot Citilink Meninggal Dunia Usai Pesawat Mendarat Darurat Di Bandara Juanda

Berikut kronologi pendaratan darurat pesawat Citilink yang disampaikan oleh Dirut PT Citilink Indonesia dan sang pilot yang meninggal dunia.

Kronologi Pilot Citilink Meninggal Dunia Usai Pesawat Mendarat Darurat Di Bandara Juanda
Berikut kronologi pendaratan darurat pesawat Citilink yang disampaikan oleh Dirut PT Citilink Indonesia dan sang pilot yang meninggal dunia. Gambar : Dok. PT Citilink Indonesia

BaperaNews - Pesawat Citilink Indonesia rute Surabaya - Makassar putar balik dan mendarat darurat di Bandara Juanda, sang Pilot Meninggal Dunia.

Berdasarkan informasi lengkap dari Citilink, pesawat dengan nomor penerbangan QG 307 lepas landas pada Kamis (21/07) sekitar pukul 06.00 WIB. Namun, setelah 15 menit lepas landas, pesawat tersebut kembali lagi dan mendarat darurat di Bandara Juanda. Setelah diselidiki, sang pilot sedang sakit. 

Pihak Citilink langsung mengklarifikasi pesawat yang mendarat darurat di Bandara Juanda. Dalam keterangan tertulisnya, Dirut PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai menjelaskan kronologi pesawat Citilink mendarat darurat di Bandara Juanda. 

Berikut kronologi pendaratan darurat pesawat Citilink yang disampaikan oleh Dirut PT Citilink Indonesia:

  1. Pesawat dengan nomor penerbangan QG 307 rute Surabaya ke Ujung Pandang lepas landas sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. Setelah 15 menit mengudara, pesawat tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot mengalami darurat kesehatan. Pesawat tersebut sudah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat. 
  2. Petugas darat bersama seluruh stakeholders di Bandara Juanda Surabaya sudah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan cepat dan baik, Pilot sudah ditangani oleh pihak dokter di rumah sakit terdekat. 
  3. Petugas Citilink Indonesia di Surabaya sudah menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada penumpang serta memberikan Service On Ground, dan penumpang juga sudah menerima informasi tersebut dengan jelas. 
  4. Demi memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, pihak Citilink Indonesia sudah melakukan penggantian pesawat serta seluruh crew dan penerbangan tersebut sudah diterbangkan kembali pada pukul 10.46 WIB. 
  5. Sebelum melakukan penerbangan, Citilink Indonesia sudah melakukan prosedur pengecekan kesehatan kepada seluruh crew yang bertugas dan sudah dinyatakan fit atau layak terbang. 
  6. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit, disampaikan bahwa pilot sudah dinyatakan meninggal dunia. 
  7. Manajemen Citilink mengucapkan turut bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian sang pilot, yang selama ini pilot tersebut dikenal sangat baik dan memiliki dedikasi yang tinggi selama bertugas serta pihak Citilink juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang telah terjadi. 
  8. Pilot yang telah meninggal dunia akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta, dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku. 
  9. Citilink Indonesia akan selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Oleh karena itu, Citilink Indonesia selalu berusaha sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan. 

Begitulah kronologi sang pilot pesawat Citilink yang meninggal dunia saat mendarat darurat di Bandara Juanda Surabaya. Semoga amal ibadahnya bisa diterima di sisi tuhan yang maha kuasa. 

Baca Juga : Cerita Korban Selamat Yang Nyaris Diperkosa Oleh Kelompok Papua Merdeka Pimpinan Egianus Kogoya