KEK Mandalika Pusat Olahraga Internasional yang Mendukung Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi, Fahd A Rafiq: KEK Akan Meningkatkan Perekonomian Lombok

Mandalika, KEK pariwisata yang membawa Indonesia ke mata dunia. Temukan bagaimana sport tourism mendongkrak eksposur pariwisata Indonesia.

KEK Mandalika Pusat Olahraga Internasional yang Mendukung Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi, Fahd A Rafiq: KEK Akan Meningkatkan Perekonomian Lombok
KEK Mandalika Pusat Olahraga Internasional yang Mendukung Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi, Fahd A Rafiq: KEK Akan Meningkatkan Perekonomian Lombok. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, salah satu destinasi pariwisata terkemuka yang dicanangkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014, telah menjadi lokomotif pariwisata Indonesia dengan fokus pada sport tourism. Kebijakan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah mencerminkan komitmen nyata untuk mengembangkan KEK Mandalika menjadi tujuan pariwisata terbaik di Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyatakan bahwa KEK ini akan menjadi tempat perkembangan ekonomi pariwisata di Mandalika.

“KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus ini merupakan salah satu cara untuk membuat mandalika menjadi tempat yang spesial yang dimana menawarkan pariwisata yang indah, pastinya dengan adanya ini akan meningkatkan atensi masyarakat terhadap pariwisata di Mandalika.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (17/10).

Sebagai destinasi sport tourism, KEK Mandalika telah mengambil berbagai langkah strategis, termasuk pengembangan infrastruktur olahraga modern, menjadi tuan rumah acara-acara olahraga internasional, menjalin kemitraan global, mendukung pengembangan olahraga lokal, serta melakukan promosi dan pemasaran yang efektif melalui penyelenggaraan acara olahraga berkelanjutan. Selain menarik kunjungan wisatawan, acara-acara ini juga mendapat sorotan media internasional, meningkatkan eksposur pariwisata Indonesia di dunia.

“Indonesia saat ini sedang memikat banyak mata dunia, karena saat ini perekonomian kita juga dinilai tumbuh dengan persentase yang tinggi. Maka dari itu semoga kita akan mendapatkan investasi yang bernilai besar yang akan menguntungkan perekonomian Indonesia.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (17/10).

Hingga September 2023, investasi yang telah direalisasikan di KEK Mandalika mencapai Rp4,79 triliun. Investasi tersebut juga menciptakan lapangan kerja bagi ribuan orang. Untuk MotoGP tahun 2023, lebih dari 2.400 tenaga kerja telah terlibat dalam berbagai peran, termasuk marshall, petugas medis, dan relawan. Kehadiran kegiatan-kegiatan internasional seperti ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar KEK Mandalika dan mendukung peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Beberapa event olahraga berskala nasional dan internasional yang telah diadakan di KEK Mandalika antara lain MotoGP, World Superbike, Shell Eco Marathon, balap sepeda L’Etape, dan TNI Marathon. KEK ini memberikan fasilitas berupa pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor untuk mendukung penyelenggaraan event olahraga internasional seperti MotoGP 2023.

Fasilitas dan kemudahan yang ada di KEK ini juga tidak terlepas dari peran administrator sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat. Administrator KEK berfungsi sebagai one-stop service untuk memberikan kepastian, kemudahan perizinan, dan layanan lainnya bagi badan usaha dan pelaku usaha. Mereka juga bertugas untuk menyelenggarakan pelayanan non-perizinan dan mengawasi operasionalisasi KEK.

Dalam upaya meningkatkan kemudahan berbisnis di KEK Mandalika, telah diresmikan Kantor Administrator KEK Mandalika yang akan memberikan layanan terpadu, termasuk dukungan dari instansi-instansi terkait seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Direktorat Jenderal Keimigrasian, serta Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan peresmian kantor ini, KEK Mandalika semakin menunjukkan potensinya untuk menjadi destinasi yang lebih besar, maju, dan menjadi kebanggaan bagi semua.

Penulis : Ahmad G