Kampus yang Beri Raffi Ahmad Gelar Doktor Jadi Sorotan, Ternyata Cuma Hotel?

Kampus yang memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Raffi Ahmad menjadi sorotan warganet. Simak selengkapnya disini!

Kampus yang Beri Raffi Ahmad Gelar Doktor Jadi Sorotan, Ternyata Cuma Hotel?
Kampus yang Beri Raffi Ahmad Gelar Doktor Jadi Sorotan, Ternyata Cuma Hotel? Gambar : Kolase Instagram/@raffinagita1717

BaperaNews - Raffi Ahmad, salah satu selebriti ternama Indonesia, baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand. 

Namun, pemberian gelar ini justru menjadi sorotan publik dan memicu pertanyaan setelah salah seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Thailand membagikan hasil penelusuran mengenai kampus UIPM. 

Penelusuran tersebut menunjukkan bahwa alamat yang tercantum untuk kampus tersebut ternyata merupakan sebuah hotel.

Pada tanggal 30 September 2024, akun Twitter @IbrahimNiar, yang mengaku tinggal di Bangkok, membagikan pengalamannya mencoba mencari lokasi fisik kampus UIPM di Thailand.

Menggunakan transportasi umum, ia menuju alamat yang tertera sebagai kantor UIPM di Bangkok, yakni di Vibharadi-Rangsit 64. Namun, setelah tiba di lokasi, yang ia temukan bukanlah kampus melainkan sebuah hotel.

“Sebagai warga +62 yang tinggal di Bangkok, penasaran sama kampus yang kasih Doctor Honoris Causanya aa @RaffiAhmad. Ternyata, setelah sampai di lokasi, hanya ada hotel, bukan kampus,” tulis @IbrahimNiar di Twitter, yang dikutip pada Senin, 30 September 2024.

Temuan ini tentu memancing beragam reaksi dari netizen, terutama terkait keabsahan kampus yang memberikan gelar Doktor kepada Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad, yang dikenal luas di industri hiburan Indonesia, baru-baru ini menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang Event Management and Global Digital Development.

Raffi membagikan momen pemberian gelar tersebut di akun Instagramnya, berterima kasih kepada UIPM atas pengakuan terhadap kontribusinya di dunia hiburan selama 23 tahun, terutama dalam pengembangan sektor kreatif dan digital.

Baca Juga : Berhasil Kontribusi di Industri Hiburan, Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Honoris Causa

Dalam unggahan Instagram tersebut, Raffi menulis, “Alhamdulillah, terima kasih atas pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Dr. HC) dari Professor Kanoksak Likitpriwan, President Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand.”

Namun, dengan munculnya laporan mengenai ketidakjelasan lokasi kampus UIPM di Thailand, warganet mulai mempertanyakan kredibilitas institusi tersebut.

Penelusuran lebih lanjut yang dilakukan oleh @IbrahimNiar di internet menemukan bahwa UIPM memiliki beberapa alamat di berbagai negara, termasuk Indonesia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, alamat UIPM terletak di Plaza Summarecon Bekasi, Jawa Barat. Hal ini semakin memicu kebingungan publik mengenai keberadaan kampus UIPM yang sebenarnya. Apakah institusi ini benar-benar memiliki kantor atau kampus fisik di Thailand atau sekadar beroperasi secara online?

Menurut Niar, selain alamat di Thailand yang ternyata sebuah hotel, ada tiga alamat lain yang tertera sebagai bagian dari UIPM, yaitu di Indonesia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Namun, belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai peran kampus-kampus tersebut dalam pemberian gelar akademik yang diterima Raffi Ahmad.

UIPM sendiri, berdasarkan informasi dari situs resminya, mengklaim sebagai lembaga pendidikan yang bergerak di bidang manajemen profesional dan memiliki jaringan global.

UIPM juga mengelola program pendidikan 100 persen jarak jauh, memungkinkan para mahasiswa untuk belajar secara fleksibel sesuai jadwal mereka. 

Institusi ini menawarkan berbagai program pendidikan, mulai dari gelar Associate hingga PhD, dengan fokus utama pada pengembangan kemampuan manajemen di berbagai bidang, termasuk medis, pertahanan, dan penegakan hukum.

Kendati demikian, beberapa pihak mulai mempertanyakan kredibilitas UIPM setelah laporan dari Niar terkait lokasi kampusnya yang tidak sesuai dengan informasi yang diberikan.

Baca Juga : Keluarga Raffi Ahmad Sambut Antusias Shin Tae-yong di Andara, Rafathar sampai Pakai Jersey Khusus