JIS Punya Jalur jogging Ketinggian 72 Meter, Sirkuit Formula E Terlihat

Wakil Ketua DPRD Jakarta, Mohamad Taufik, mengatakan JIS (Jakarta Internasional Stadium) memiliki fasilitas jogging di atas atap dengan ketinggian 72 meter yang bisa melihat pemandangan sirkuit Formula E serta Teluk Jakarta.

JIS Punya Jalur jogging Ketinggian 72 Meter, Sirkuit Formula E Terlihat
JIS Punya Jalur jogging Ketinggian 72 Meter, Sirkuit Formula E Terlihat. Gambar: Antara/ Muhamad Adimaja

BaperaNews - Wakil Ketua DPRD Jakarta, Mohamad Taufik, mengatakan JIS (Jakarta Internasional Stadium) sudah disediakan fasilitas jogging di atas atap dengan ketinggian 72 meter dan bisa melihat pemandangan sirkuit Formula E serta Teluk Jakarta.

“Begitu melihat ke kanan, bisa liat laut juga bisa liat Sirkuit Formula E, lautnya kelihatan, bagus banget” ujarnya ketika ditemui awak media di JIS hari Minggu 13 Maret 2022. Direktur Pengelola dari PT Jakpro, Gunung Kartiko juga menyebut seluruh masyarakat bisa menikmati sensasi jogging di atas ketinggian 72 meter ketika JIS dan melihat sirkuit Formula E yang akan diresmikan nantinya yakni pada April 2022.

Gunung menjelaskan spesifikasi alur joggingnya, yakni ada di lantai 9. “Materialnya dari beton dan baja yang secara kekuatan sudah terbukti aman, kami rencanakan dengan seksama dan ada sertifikasinya juga” ujarnya.

Menurutnya, di area jogging akan disediakan dek khusus untuk pengunjung bisa menikmati pemandangan, dek bisa menampung maksimal 100 orang yang dilengkapi dengan expanded metal setinggi 1,5 meter yang berfungsi untuk memecah angin.

“Kami beri perlindungan tambahan untuk memperkuat strukturnya, makanya bisa ditaruh expanded metal tinggi seperti pembatas agar angina pecah dan orang yang di atas aman, untuk menjangkaunya, pengunjung bisa melewati lift khusus yang memudahkan untuk naik” jelasnya.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Semakin Dekat, Ini Harga Tiketnya!

Pembangunan JIS sendiri diklaim sudah selesai 98% dan akan selesai 100% pada April 2022. Hal ini disampaikan oleh Taufik. “Kita mau memastikan progresnya sampai mana, dari informasi yang kita dapat sudah 98%, kapasitas penonton 82.000 orang, perhitungan sudah sesuai jadwal, tinggal pembersihan saja, saya kira April bisa selesai” ucapnya.

JIS sendiri punya tribun 3 tingkat, dilengkapi beragam fasilitas kelas internasional yakni ruang VIP, kursi khusus untuk disabilitas, lapangan latihan, dan atap stadion bisa dibuka tutup yang merupakan atap pertama di Indonesia berteknologi paling canggih.

Stadion bergaya modern ini sudah memenuhi standart FIFA dan standart green building. Stadion ini tidak hanya dipakai untuk pertandingan bola, namun juga bisa untuk konser musik dan beragam acara besar lainnya.

FIFA akan melakukan uji coba stadion JIS untuk melihat tingkat pantulannya dan resapan airnya, nanti tanggal 23 Maret 2022, akan dites semua jadwal membalnya dan juga serapan airnya oleh pihak dari FIFA tersebut” tutup Taufiq.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP