Jokowi Dan 34 Gubernur Jalani Ritual Kendi Nusantara Di IKN 14 Maret 2022

Presiden Jokowi beserta 34 Gubernur akan menjalani ritual adat Kendi Nusantara di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kaltim!

Jokowi Dan 34 Gubernur Jalani Ritual Kendi Nusantara Di IKN 14 Maret 2022
Jokowi Dan 34 Gubernur Jalani Ritual Kendi Nusantara Di IKN Hari Ini. Gambar: Tangkapan Layar/ Youtubes Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi menjalani ritual adat bersama 34 Gubernur di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kaltim mulai hari ini, Senin 14 Maret 2022. Ritual yang disebut Kendi Nusantara tersebut dilakukan dengan membawa air dan tanah dari seluruh provinsi, tanah dan air tersebut kemudian akan dituang ke dalam wadah besar.

“Para Gubernur akan membawa satu liter air dari daerahnya masing-masing” ujar Gubernur Kaltim, Isran Noor hari Jumat 11 Maret 2022. Menkopolhukam, Mahfud MD, juga mengungkap air dan tanah yang dibawa para Gubernur tersebut ke IKN Nusantara melambangkan keberagaman dan persatuan.

“Inilah tanah air kita, Indonesia, maka kita harus menjaganya, simbolik yang muncul dari itu ialah keberagaman” ujarnya hari Minggu 13 Maret 2022. Mahfud juga menjelaskan, 2 kg tanah dan 1 liter air yang dibawa para Gubernur akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara, mewakili suku dan agama di wilayah masing-masing. “Dari Bengkulu, Papua, Sumatra, Aceh, Jawa, semuanya berkumpul disana” lanjutnya.

Mahfud menyebut prosesi ritual ini akan jadi sangat menarik selama 100 tahun mendatang, “Bagaimana kita berupacara melalui adat, keagamaan, kenegaraan, semuanya digabung kesitu, ke ibu kota baru” tutupnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP

Sementara Kasatpres, Heru Budi juga menjelaskan prosesi Kendi Nusantara itu ialah sekaligus menjadi panjatan doa kepada Tuhan agar proses pemindahan ibu kota ke Nusantara bisa berjalan lancer. “Supaya program besar ini bisa berjalan lancar dan baik, semua elemen masyarakat bisa mendukung” ujarnya.

Pasukan Pengaman Presiden juga sudah menyiapkan beragam kepentingan untuk pengamanan yakni antibisa ular hingga fogging. “Disana kita melakukan pencegahan  malaria dengan defogging, keamanan di sekitarnya terutama di tenda VIP, kita sebarkan garam dan sebagainya untuk mencegah binatang melata masuk” ujar Komandan Paspampres, Mayjen Tri Budi hari Minggu 13 Maret 2022.

Semua personel akan disiagakan di ring 1 pengamanan, ring 2, dan ring 3. Semua yang terlibat juga dilakukan tes swab untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, serta sebanyak 2.064 pasukan sudah disiapkan untuk menjaga Jokowi dan seluruh Gubernur selama kemah dilangsungkan.

Jokowi dan para Gubernur saat ini sudah berada di lokasi kemah IKN, kemah akan dilakukan mulai hari ini hingga 15 Maret 2022, yakni di titik nol lokasi pembangunan Nusantara.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Semakin Dekat, Ini Harga Tiketnya!