Profil Indra Charismiadji: Politikus NasDem yang Ditangkap Terkait Kasus Penggelapan Pajak

Politikus NasDem, Indra Charismiadji, yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), ditahan oleh Kejaksaan. Simak Profilnya!

Profil Indra Charismiadji: Politikus NasDem yang Ditangkap Terkait Kasus Penggelapan Pajak
Profil Indra Charismiadji: Politikus NasDem yang Ditangkap Terkait Kasus Penggelapan Pajak. Gambar : Medcom.id/Ilham Pratama Putra

BaperaNews - Politikus NasDem, Indra Charismiadji, yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Timnas AMIN, ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur terkait kasus penggelapan pajak. Kabar penangkapan tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Imran, yang menyatakan bahwa penahanan terkait pelimpahan tahap dua dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Indra Charismiadji, lahir pada 9 Maret 1976 di Bandung, memiliki latar belakang pendidikan di Amerika Serikat. Ia meraih gelar ganda di bidang keuangan dan pemasaran dari the University of Toledo untuk jenjang strata satu. Selanjutnya, Indra melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Dana University, Amerika Serikat.

Pengalaman Indra di Amerika Serikat mencakup kerja di beberapa perusahaan terkemuka seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation. Meskipun hidup mapan di sana, pada 2002, Indra memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Baca Juga : Jubir Timnas AMIN dan Politikus NasDem Indra Charismiadji Ditangkap Terkait Kasus Pajak

Setelah kembali, Indra Charismiadji aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia. Dia memperkenalkan konsep Computer-Assisted Language Learning (CALL) di berbagai lembaga pendidikan. Pada tahun 2018, peran aktifnya dalam membangun pendidikan di Indonesia diakui dengan penghargaan "Anugerah Pendidikan Indonesia" dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Pada tahun berikutnya, Indra beralih dari dunia korporasi yang berorientasi pada laba ke pimpinan sebuah organisasi nirlaba dalam bidang pendidikan, yaitu Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS), di mana dia menjabat sebagai Direktur Eksekutif.

Dalam ranah organisasi, Indra Charismiadji memiliki peran aktif di berbagai lembaga, termasuk Direktur Utusan Khusus Pendidikan Vox Populi Institute Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Perkumpulan Sekolah Digital Indonesia, dan Ketua Dewan Pembina di Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER 4.0). Ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina di Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) dan Dewan Pembina Ikatan Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi PGRI (IGTIK PGRI).

Meski memiliki kontribusi positif di bidang pendidikan, penangkapan Indra Charismiadji terkait kasus pajak menciptakan sorotan baru. Indra menjadi caleg DPR RI dari Dapil Jawa Tengah I melalui Partai NasDem. Tim hukum dan pihak terkait bersiap menghadapi perkembangan kasus ini. Hingga berita ini diturunkan, Kejaksaan Agung belum memberikan respons terkait penahanan dan kasus pajak yang menjerat Indra Charismiadji. Kasus ini menambah kompleksitas dalam dunia politik, terutama karena Indra memiliki peran ganda sebagai politikus NasDem dan juru bicara tim nasional.

Baca Juga : Anies Dilaporkan ke Bawaslu karena Diduga Mengolok Prabowo dalam Kampanye