Iran Serang Pakistan Pake Rudal, 2 Orang Tewas!

Iran dilaporkan menembakkan rudal ke Pakistan, menyebabkan pelanggaran wilayah udara dan kematian dua anak. Baca selengkapnya di sini!

Iran Serang Pakistan Pake Rudal, 2 Orang Tewas!
Iran Serang Pakistan Pake Rudal, 2 Orang Tewas!. Gambar : Reuters/Wana News Agency

BaperaNews - Iran dilaporkan telah menembakkan rudal ke Pakistan pada Selasa waktu setempat, rudal tersebut menargetkan dua pangkalan kelompok Jaish al Adl. Pada Rabu (17/1), Pakistan mengatakan negara tetangganya itu telah melanggar wilayah udaranya. Akibatnya dua anak tewas dalam serangan itu.

Pemerintah Pakistan menanggapi insiden tersebut dengan keras, menyatakan bahwa insiden itu dapat menimbulkan konsekuensi serius dan dianggap sebagai tindakan yang sama sekali tidak dapat diterima. Kementerian Luar Negeri Iran hingga saat ini belum memberikan pernyataan terkait kejadian ini.

Serangan ini terjadi setelah pasukan elit Garda Revolusi Iran (IRGC) menyerang sasaran di Irak dan Suriah dengan rudal pada hari Senin sebelumnya. Di Irak, Iran menyatakan menargetkan wilayah otonomi Kurdistan dengan menyebutnya sebagai markas mata-mata Israel, menewaskan empat orang, termasuk pebisnis ternama Kurdi, Peshraw Dizayee.

Baca Juga: Hukum Cambuk Bagi Perempuan di Iran yang Bagikan Foto Tanpa Hijab

Selain itu, IRGC juga melancarkan serangan dengan rudal balistik di Suriah, menyatakan bahwa serangan ditujukan kepada para pelaku operasi teroris di Iran, termasuk kelompok ISIS.

Jaish al Adl, yang sebelumnya telah melakukan serangan terhadap pasukan keamanan Iran di daerah perbatasan dengan Pakistan, disebutkan sebagai kelompok yang menjadi target serangan. Media pemerintah Iran melaporkan bahwa pangkalan-pangkalan militer Jaish al Adl dihancurkan oleh rudal dan drone, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Nournews Iran, yang berafiliasi dengan badan keamanan utama negara itu, melaporkan bahwa pangkalan yang diserang terletak di provinsi Balochistan, Pakistan. Akibat insiden Iran serang Pakistan ini, pejabat tinggi Iran, termasuk perwakilan Iran di Islamabad, telah dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Iran, yang memiliki populasi mayoritas Syiah, terlibat dalam konflik regional yang semakin kompleks. Sementara itu, Jaish al Adl, yang diyakini sebagai kelompok Sunni, telah menjadi sasaran serangan Iran sebagai respons terhadap aksi terorisme di wilayahnya.

Baca Juga: Terjadi Ledakan Bom Bunuh Diri di Pakistan, 44 Orang Tewas