Induk Perusahaan TikTok Bikin Aplikasi Mirip Instagram

ByteDance selaku induk perusahaan TikTok membuat aplikasi media sosial baru bernama lemon8 yang mirip Instagram.

Induk Perusahaan TikTok Bikin Aplikasi Mirip Instagram
Induk Perusahaan TikTok Bikin Aplikasi Mirip Instagram. Gambar : gadgetdiva.id

BaperaNews - ByteDance selaku induk perusahaan TikTok membuat aplikasi media sosial baru bernama lemon8 yang mirip Instagram. Lemon8 akan diluncurkan pada Mei 2023, menampilkan foto dan teks.

Bisa dibilang, Lemon8 mirip gabungan antara Instagram dan Pinterest. Meski TikTok sedang disorot di Amerika, nampaknya ByteDance tidak masalah, mereka tetap maju terus dengan rencana peluncuran Lemon8nya.

ByteDance membuat promosi menarik, menyebut akan memberi bayaran tinggi bagi para konten kreator yang membuat postingan di Lemon8, influencer dengan lebih dari 10.000 followers yang dibidik.

Sementara pemerintah AS saat ini sedang membuat UU tentang TikTok, entah itu akan dilarang atau dipaksa divestasi, jika UU ini serius diresmikan, tentu akan berdampak pula pada Lemon8.

Banyak pihak yang heran kenapa ByteDance masih terus keluarkan uang untuk TikTok dan Lemon8. Para analis memprediksi ini karena ByteDance tidak mau mengalah masalah market share pada para pesaingnya. 

Baca Juga : 5 Kesimpulan Hasil Sidang CEO TikTok: Parlemen Tetap Ingin TikTok Dihapus di AS

“Ini memang waktu yang penting bagi TikTok untuk mempertahankan posisi mereka. Ini waktu yang kritis, tidak boleh menyerahkan market share mereka ke kompetitor. Jika mereka sampai berhenti berinvestasi, tentu nilai aset akan turun signifikan” tutur analis Dan Ives dari Wedbush.

Tentang Lemon8

Aplikasi Lemon8 memungkinkan pengguna memposting foto carousel namun lebih menekankan pada gaya hidup. Konten di  aplikasi Lemon8 akan dibagi jadi 5 jenis yakni mode, kecantikan, kebugaran, makanan, dan travelling. Aplikasi mirip Instagram sudah dipromosikan di TikTok dan sekilas nampak mirip TikTok karena ada halaman “For You”.

Aplikasi Lemon8 awalnya diluncurkan di Jepang, kini diperkenalkan di AS dan akan segera diluncurkan di Inggris, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Indonesia. Pengguna Lemon8 bisa memposting foto sambil menunjukkan rekomendasi barang-barang mereka, postingan harus diberi keterangan atau caption yang detail.

ByteDance menawarkan bayaran bagi para konten kreator yang bersedia mengunggah foto mereka disana dengan aturan harus mengikuti panduan khusus untuk pembayaran, harus mengunggah 3-7 foto HD yang diambil secara vertikal, dan memiliki caption 100-300 kata.

Caption juga harus menarik untuk dibaca dan memberi informasi yang bermanfaat. Lemon8 menghimbau pengguna agar memakai tagar yang tepat pada postingan mereka. Apa Anda tertarik mencobanya supaya makin cuan?

Baca Juga : Instagram Akan Tambah Iklan di Setiap Fiturnya!