Twitter Punya Fitur Baru Mirip dengan Close Friend di Instagram, Apa Itu Twitter Circle?

Fitur terbaru di Twitter yang mirip dengan close friend di Instagram, simak apa itu Twitter Circle dan cara gunakannya!

Twitter Punya Fitur Baru Mirip dengan Close Friend di Instagram, Apa Itu Twitter Circle?
Apa itu fitur terbaru Twitter Circle. Gambar : Kompas.com/ Galuh Putri Riyanto

BaperaNews - Twitter menambahkan fitur baru bernama Twitter Circle. Fitur ini disebut mirip Instagram Close Friend. Fitur Twitter Circle telah masuk uji coba sejak awal Mei 2022 lalu. Apa itu fitur terbaru Twitter Circle?

Meski media sosial seperti Twitter ditujukan untuk berbagai hal apapun dengan cakupan lebih luas, seringkali seseorang butuh privasi, ingin membagikan momen pribadi terbatas hanya kepada orang - orang terdekatnya atau membagikan informasi terbatas kepada orang tertentu.

Biasanya hal tersebut bisa dilakukan melalui WhatsApp atau Telegram di sebuah grup yang dibuat, atau melalui Instagram Close Friend. Namun kini, pengguna bisa melakukannya di Twitter, dengan fitur baru yaitu Twitter Circle.

Nah, pengguna Twitter di Indonesia saat ini sudah bisa menggunakan Twitter Circle, fitur baru ini menawarkan privasi lebih, yakni memungkinkan pengguna untuk mengirim Tweet kepada beberapa orang terbatas yang dimasukkan ke dalam circlenya.

Pengguna Twitter perlu menambah daftar terlebih dulu, yang dimasukkan dalam list Twitter Circle, baik itu teman-teman dekat, keluarga, atau anggota grup kerja tertentu.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih tweet yang dibuatnya ditujukan untuk umum atau semua followersnya atau terbatas hanya untuk circlenya.

Baca Juga : Fitur Baru WA Di RI: Sudah Bisa Tampung 512 Anggota Hingga Kirim File 2 GB

Berikut Cara Menambahkan Orang ke Twitter Circle :

  1. Tambahkan dulu beberapa orang ke Twitter Circle dengan klik ikon tambah di halaman beranda Twitter.
  2. Klik opsi berjudul “Publik” yang berada di kanan foto profil, selanjutnya akan muncul opsi privasi Tweet, pilih edit pada “Twitter Circle”.
  3. Klik opsi “Disarankan”.
  4. Cari beberapa orang yang ingin Anda tambahkan.

Sebagai informasi, close friend pada orang yang Anda tambahkan sebagai anggota Twitter Circle tidak akan mendapat pemberitahuan apapun, mereka tidak akan tahu jadi bagian dari cirle mana saja sehingga Anda yang mengatur privasi.

Kirim Tweet Khusus ke Circle :

  1. Klik ikon “Tambah” yang ada di beranda Twitter.
  2. Klik ikon “Twitter Circle” pada opsi pengaturan publisitas Tweet yang ada di samping kanan foto profil.
  3. Silahkan buat Tweet dan Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihatnya.
  4. Tweet yang Anda buat hanya bisa dilihat oleh Circle Anda.

Cukup mudah bukan fitur baru Twitter Circle? Pastikan sebelumnya Anda telah mengupdate aplikasi Twitter menjadi versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store. Selamat mencoba untuk close friend pada fitur baru Twitter Circle.

Baca Juga : Apple Rilis iPhone 14 Pada 7 September 2022, Ini Prediksi Harganya!