DTKJ Usul Tarif Transjakarta Naik Jadi Rp 5 Ribu di Jam Sibuk, Setuju?

DTKJ mengusulkan agar tarif bus TransJakarta (TJ) dinaikkan di jam sibuk. Pihak TransJakarta pun meminta respon dan saran dari para pelanggan dengan membagikan survey.

DTKJ Usul Tarif Transjakarta Naik Jadi Rp 5 Ribu di Jam Sibuk, Setuju?
DTKJ Usul Tarif Transjakarta Naik Menjadi Rp5 Ribu Pada Jam Sibuk. Gambar : Kompas.com/Dok. Fathan Radityasani

BaperaNews - Dewan transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengusulkan agar harga bus TransJakarta (TJ) dinaikkan di jam sibuk.

Atas usulan tersebut, pihak TransJakarta pun meminta respon dan saran dari para pelanggan dengan membagikan survey, pelanggan diminta memberi pendapatnya tentang tarif bus TJ naik di jam sibuk.

“Adanya usulan tarif bus TransJakarta naik dari DTKJ menjadi Rp 4.000-5.000 di jam sibuk yakni jam 07.01-10.00 dan 16.01-21.00” tulis pihak TJ di akun Twitter resminya @PT_TransJakarta pada Senin (10/4).

Pihak bus TJ menyatakan ingin mengetahui bagaimana pendapat pelanggan terkait penyesuaian tarif bus TJ naik tersebut sambil mengunggah QR Code untuk dipindai agar terhubung langsung dengan laman survey online TransJakarta.

“Sampaikan pendapat sahabat ya, atas gagasan kalian dengan scan QR Code yang tertera ini atau melalui link boy.ly/TarifJ” imbuhnya. Survey digelar sampai Kamis (14/4). 

Baca Juga : Pj Heru Ancam Blacklist Kontraktor Usai Lihat Banyak Kabel Semrawut di Jakarta

Heru Budi : Masih Dikaji

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menyatakan usulan tersebut masih perlu pengkajian lebih lanjut.

“Dikaji dulu, kita lihat dulu, Intinya ini untuk kepentingan umum” tutur Heru pada Senin (3/4). Heru belum bicara banyak tentang usulan tersebut, intinya ia memastikan tiap kebijakan yang dibuat pemerintah DKI Jakarta akan diupayakan sebaik mungkin agar bermanfaat dan tidak memberatkan kepentingan umum.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo juga menyebut sedang mengumpulkan survey tarif bus TransJakarta dari para warga, tidak dijelaskan lebih lanjut berapa tarif yang akan ditetapkan, ia hanya membahas tarif TJ sejak tahun 2007 tidak pernah naik, tetap Rp 3.500.

“Terkait kenaikan tarif bus TJ ini lebih pada cek ombak, karena kami terima usulannya dari DTKJ untuk mengimbangi adanya kenaikan tarif di layanan KRL, tentu akan kami cek ombah saja dan kami harap bisa menjadi bagian evaluasi. Akan kami kaji lebih dalam. Memang sejak tahun 2007 ini tidak baik sementara tarif angkutan lain seperti KRL sudah naik” tutur Syarif.

Tarif bus TransJakarta memang dikenal sebagai tarif bus yang terjangkau baik itu untuk rute dekat maupun jauh, namun karena kini terjadi kenaikan di berbagai moda transportasi lain serta tarif bus TJ sendiri tidak pernah naik sejak tahun 2007, maka akan dipertimbangkan lebih dulu usulan kenaikan tarif bus TJ naik ini.

Baca Juga : Mulai Hari Ini Transjakarta Kembali Beroperasi 24 Jam, Ini Alasannya!