Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Meluncur pada Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan gelar soft launching pada 1 Oktober 2023.

Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Meluncur pada Oktober 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Meluncur pada Oktober 2023. Gambar : Instagram/keretacepat_id

BaperaNews - Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah diuji coba dengan serangkaian tahapan hingga kini dinyatakan siap beroperasi. Penyempurnaan terus dilakukan.

Targetnya, kereta cepat Jakarta Bandung mulai beroperasi untuk masyarakat luas pada Oktober 2023.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika mencoba kereta cepat Jakarta Bandung dan feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dan Stasiun Bandung.

“Kami bersama PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) terus lakukan penyempurnaan dengan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan semua berjalan dengan hasil yang baik sehingga bisa mulai dipakai oleh masyarakat pada Oktober 2023” kata Menhub Budi Karya hari Sabtu (2/9).

Budi memastikan akan dilakukan integrasi antara kereta cepat Jakarta Bandung dengan moda transportasi lain agar bisa mudah diakses masyarakat. Pembangunan untuk optimalkan perjalanan kereta feeder terus dilakukan. 

Baca Juga : Lupa Bangun Akses Jalan ke Stasiun Kereta Cepat, Wamen BUMN Kecewa

Secara menyeluruh, akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Cimahi, Bandung, dan Padalarang serta Flyover Ciroyom dan Pusdikom yang semuanya ditargetkan selesai di tahun 2023.

Selain kereta feeder, ada juga akses penghubung dari dan menuju Stasiun Padalarang seperti BTS Trans Metro Pasundan rute alun-alun KBP, Bus Damri rute alun-alun Bandung-Situ Ciburuy, St. Padalarang-Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan rute Padalarang-Rajamandala, Padalarang-Cimahi-Leuwipanjang, dan Padalarang-Cimahi.

Budi Karya dan pejabat lainnya melakukan uji coba diawali dengan memeriksa kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim, kemudian melakukan perjalanan dengan KCJB dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang.

Hasilnya, perjalanan mulus, waktu tempuh Jakarta-Stasiun Padalarang hanya 30 menit saja dengan kecepatan 352 km/jam. Kemudian dari Stasiun Padalarang-Stasiun Bandung menempuh waktu 20 menit.

Maka perjalanan dari Jakarta ke pusat kota Bandung hanya 50 menit saja. Jauh lebih cepat dibanding jika menaiki mobil pribadi atau kendaraan lainnya.

Soft launching kereta cepat Jakarta Bandung dimulai pada 1 Oktober 2023. Operasional dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

November 2023 ditambah menjadi 28 perjalanan kereta, Desember menjadi 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

Kereta cepat Jakarta Bandung menjadi sejarah pembangunan Indonesia. Kereta cepat Jakarta Bandung adalah yang pertama kali ada di Indonesia dan Asia Tenggara yang menandakan Indonesia memiliki infrastruktur yang makin baik dan maju.

Baca Juga : Keren! Begini Tampilan Kursi First Class KCJB