Siap-Siap! Siaran TV Analog Di 222 Kota Akan Dimatikan Mulai Besok

Kominfo akan mematikan (analog switch off/ASO) siaran TV analog di 222 kabupaten/kota termasuk kawasan Jabodetabek mulai Rabu (02/11).

Siap-Siap! Siaran TV Analog Di 222 Kota Akan Dimatikan Mulai Besok
Siaran TV Analog di 2022 Kabupaten/Kota akan dimatikan mulai besok. Gambar : Unsplash.com/Dok. Jason Leung

BaperaNews - Mulai besok, Rabu (02/11), siaran TV analog di 222 Kabupaten/Kota termasuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) akan dimatikan (Analog Switch Off/ASO). 

Dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta pada Senin (24/10) lalu, Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa terdapat 222 Kabupaten/Kota yang total Analog Switch Off.

Johnny G. Plate pun tidak menjelaskan informasi secara detail terkait identitas daerah-daerah tersebut. Akan tetapi, itu termasuk delapan kota/kabupaten di empat wilayah siaran TV analog yang sudah lebih dulu menggelarnya pada bulan April, 173 kabupaten kota non-terestial service alias tanpa layanan TV terestial.

Selain itu, ia pun melanjutkan bahwa wilayah Jabodetabek akan dilaksanakan analog switch off pada bulan November 2022.

Akan tetapi, ASO yang akan diberlakukan pada 2 November ini tak total digelar di seluruh wilayah. Masih terdapat 292 Kabupaten/Kota yang akan pihaknya lakukan analog switch off sesuai dengan kesiapan-kesiapan wilayah.

Baca Juga : Kominfo Ungkap Alasan Penting Mengapa Siaran TV Analog Harus Beralih Ke TV Digital!

Johnny G. Plate mengaku bahwa pemerintah dan stasiun televisi penyelenggara Mux (Mux/Multiplexing) sudah siap dan Johnny juga telah melakukan komunikasi dengan Asosiasi TV Swasta Indonesia (ATVSI) terkait ASO tersebut.

Menurutnya, pembagian STB (Set-top box) di wilayah Jabodetabek telah mencapai angka 98,44 persen dengan total penerima 479 ribu keluarga kategori miskin. Pemerintah telah memberikan 359.617 Set-top box atau 76 persen, sementara itu 24 persen sisanya datang dari pihak ATVSI.

Dengan demikian, pihaknya pun berharap pelaksanaan analog switch off yang akan dimulai pada 2 November besok di wilayah Jabodetabek dapat berjalan dengan baik.

Bagi masyarakat yang masih belum mendapatkan STB, Menkominfo menyampaikan bahwa warga dari keluarga miskin bisa memperolehnya dari posko.

Johnny pun melanjutkan bahwa apabila nantinya ada TV masyarakat yang belum dapat menerima siaran digital oleh karena belum tersedia Set-top box bagi keluarga miskin, maka pihak Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin.

Sebagai informasi, yang dimaksud dengan posko ialah layanan informasi dan penyediaan STB gratis via nomor telepon 159 atau WhatsApp di nomor 08118202208. Selain itu, terdapat cara lainnya dengan mengakses laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Terakhir, Johnny G. Plate menjelaskan bahwa dari sisi infrastruktur secara nasional sudah siap, akan tetapi dari sisi distribusi Set-top box yang masih harus pihaknya sempurnakan.

Baca Juga : Berikut Cara Nonton Siaran TV Digital Tanpa Set-top box