Viral Pria di Jaksel Ganti QRIS Masjid Menjadi Rekening Pribadi

Viral rekaman cctv yang memperlihatkan seorang pria melakukan aksi mengganti QR Code di kotak amal masjid kawasan Kebayoran Baru, Jakarta selatan.

Viral Pria di Jaksel Ganti QRIS Masjid Menjadi Rekening Pribadi
Viral Pria di Jaksel Ganti QRIS Masjid Menjadi Rekening Pribadi. Gambar : Instagram.com/@redasamudera.id

BaperaNews - Viral Pria melakukan aksi mengganti QR Code di kotak amal masjid kawasan Kebayoran Baru, Jakarta selatan. Aksinya terekam CCTV dan sedang dalam penyelidikan kepolisian.

Dari video yang beredar, nampak seorang pria berbadan gemuk berjalan ke kotak amal, memakai baju warna biru dan celana panjang. Ia membawa kertas stiker, ia melihat sekeliling, lalu akhirnya menempel stiker tersebut di kotak badan.

Kotak amal masjid di Jakarta Selatan tidak hanya bisa diisi dengan uang tunai, namun jemaah bisa beramal dengan uang digital memakai QR Code.

QR Code itulah yang diganti pelaku, sehingga dana jemaah yang beramal tidak masuk rekening masjid melainkan ke rekeningnya. Dalam kata lain, pelaku mencuri uang di dalam kotak amal.

“Ini modus penipuan baru, ada oknum yang menempel stiker QRIS di kotak infaq masjid, ini kejadiannya di Nurim Blok M, ditempelnya 6 April baru ketahuan 9 April” tulis keterangan di video.

Polisi pun menyelidiki kasus pria ganti QRIS masjid ini, namun hingga saat ini belum ada korban yang melapor. 

“Akan kami tindak lanjuti kasus pria ganti QRIS masjid, sampai saat ini belum ada laporan yang masuk” tutur Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno.

Baca Juga : Penipuan Travel Umrah Naila Safaah Wisata Mandiri, Miliki 316 Cabang!

Pihak kepolisian sudah datang ke TKP dan bertemu dengan pihak masjid. “Kita lakukan penyelidikan, dari masjidnya sendiri belum melaporkan, QR Codenya sekarang sudah diganti” imbuh Tribuana.

Sebelum diganti pelaku, QRIS masjid itu memiliki keterangan Masjid Nurul Iman, usai diganti keterangan yang muncul ialah Restorasi Masjid namun rekening yang dipakai rekening pribadi pelaku. Dari pemeriksaan CCTV, penggantian QRIS ternyata tidak dilakukan pelaku di satu masjid saja namun juga di 20 titik dekat masjid.

Pelaku : Hanya untuk Proyek Pemeriksaan

Mendapat sorotan dari banyak pihak, seorang pria kemudian mengaku menjadi pelakunya, namun ia menyebut hal itu ia lakukan untuk proyek pemeriksaan. Pelaku tersebut bernama Iman, mengaku bekerja di bidang pemeriksaan namun ia tidak menyebut di kantor mana ia bekerja.

Ia menjelaskan proyek penggantian QRIS masjid ini hanya untuk mengetahui QRISnya lancar atau tidak dan ia memastikan dana jemaah yang masuk akan masuk ke rekening Restorasi Masjid di Bank Nobu dan LinkAja.

Iman juga menegaskan uang yang masuk akan dikembalikan karena ada datanya, ia meminta maaf sudah berbuat gaduh dan berjanji akan kembalikan uang yang masuk.

“Kami minta maaf sudah melakukan hal ini, kami berusaha maksimal agar tidak ada kerugian." ucapnya.

Polisi hingga saat ini belum mengkonfirmasi benar atau tidaknya pengakuan Iman dan belum memberi informasi lebih lanjut tentang hasil penyelidikan kasus pria ganti QRIS masjid. 

Baca Juga : Siswi SMP Di Sulsel Diperkosa 4 Pria Saat Ingin Sholat Tarawih