Keracunan Makanan, 15 Anak Panti Asuhan Dilarikan Ke Puskesmas Medan Area

Akibat keracunan makanan, 15 anak panti asuhan 'Sepakat Darul Aitam' dilarikan ke puskesmas Medan Area dalam kondisi lemas pada Sabtu (8/1/22). Simak berita lengkapnya!

Keracunan Makanan, 15 Anak Panti Asuhan Dilarikan Ke Puskesmas Medan Area
15 Anak Panti Asuhan Dilarikan ke Puskesmas Akibat Keracunan Makanan. Gambar : Tribun-Medan.com/ Dok. Alvi Suwitra

BaperaNews - 15 anak panti asuhan Sepakat Darul Aitam Medan yang beralamat di Jl. Medan Selatan keracunan makanan pada hari Sabtu 8/1/2022, anak-anak tersebut pun kini berada di Puskesmas Medan Area setelah mereka mengalami mual dan muntah bersamaan.

Kepala Puskesmas Medan Area Dr. Devrinawati memberikan keterangan pihak puskesmas memang menerima pasien dari Panti Asuhan tersebut sekitar jam 10.00 WIB.

“Tadi pagi sekitar jam 10, semuanya muntah-muntah, ada 15 anak-anak, 14 anak-anak umurnya 3 sd 17 tahun, 1 lagi sudah dewasa, yakni orang tua siswa yang umurnya sudah 31 tahun, belum tahu penyebabnya, katanya mereka tadi malam habis makan dapet makanan dari orang untuk anak-anak panti asuhan, tapi setelah makan paginya mereka mual muntah, sekarang sampelnya masih diperiksa di Dinas Kesehatan biar tau kandungannya apa yang membuat reaksi keracunan makanan ini” terangnya.

Langkah yang dilakukan pihak Puskesmas dalam kasus keracunan makanan pun dengan menetralkan racun yang masuk, memberi obat muntah, dan memberi vitamin. “Ini masih dirawat, masih kita pantau, kalau sudah stabil sudah boleh pulang” lanjut Dr. Devri saat ditemui wartawan di Puskesmas.

Hingga siang hari setelah dzuhur, pasien tampak masih dirawat di Puskesmas Medan, saluran infus melekat di tangan semua pasien dan mereka masih nampak lemas, wajah anak-anak panti asuhan tersebut pucat akibat muntah-muntah.

Salah satu anak panti asuhan berinisial M turut menjawab saat ditanya wartawan meskipun kondisinya masih agak lemas, “tadi malam ada penderma datang ke panti kami, beliau ngasih makan banyak, ada kebab, teh boba, jus terong Belanda, sama snack kemasan juga, memang kayak rasanya sedikit aneh kayak beda sama kalo saya beli kebab biasanya, tapi ya tetap kami makan, namanya pemberian orang harus kami syukuri, tapi malamnya juga gak papa gak kerasa apa-apa, tiba-tiba tadi pagi kok saya pusing, terus mual muntah, saya merasa lemas, cari ustadzah ternyata teman-teman saya juga merasakan sakit yang sama juga, terus kami dibawa ke Puskesmas sini” ujar M Sabtu 8/1/2022.

Penyebab keracunan anak-anak panti asuhan Medan ini masih diselidiki bersama dinas kesehatan setempat.

Baca Juga: Pemerintah Sebar Minyak Goreng Rp 14 ribu Per Liter Sampai Juni 2022