Ide Baru Sandiaga Uno: Hari Kejepit Nasional diliburkan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memberikan ide membuat hari kejepit nasional diliburkan.

Ide Baru Sandiaga Uno: Hari Kejepit Nasional diliburkan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usul ide buat hari kejepit nasional diliburkan. Gambar : ANTARA FOTO

BaperaNews - Hari kejepit adalah terdapat satu hari yang tidak libur di antara hari libur. Akibatnya, karyawan akan mengambil cuti di hari kejepit itu agar libur menjadi lebih panjang.

Di Singapura, jika hari libur nasional jatuh pada hari Sabtu atau Minggu alias akhir pekan, maka pekerja berhak mendapat hari libur pengganti di hari kerja lain, adapun opsi lainnya adalah jika tidak diganti hari libur maka pekerja berhak mendapat uang pengganti atau kompensasi hari libur nasional di hari kejepit. 

Hal tersebut menginspirasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno untuk membuat hari kejepit nasional diliburkan.

Hal hari kejepit nasional diliburkan tersebut disampaikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno melalui media sosial pribadinya pada Jumat, (6/1). Sandiaga Uno juga sudah mengkoordinasikan rencana Harpitnas diliburkan dengan Menpan-RB, Azwar Anas.

“Saya lagi ngomong ke Pak Anas agar memaksimalkan ‘Mondayisation’ atau ‘Kejepitination’,” kata Menparekraf Sandiaga Uno. 

Baca Juga : Catat! Berikut Daftar Jadwal Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2023

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno libur dan kerja haruslah seimbang. Hari-hari kejepit ini bisa dimanfaatkan menjadi libur nasional untuk menaikkan kuantiti wisatawan pada setiap destinasi wisata.

Tidak hanya itu, memperbanyak liburan juga bisa membuat setiap individu menjadi lebih produktif dengan pikiran yang lebih jernih dan tenang. Berikut hari kejepit 2023.

Hari Kejepit 2023:

  • Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 - Rabu 22- Kamis 23 Maret 2023, Hari besar ini punya hari kejepit pada Jumat, 24 Maret 2023.
  • Peringatan Kenaikan Isa Almasih - Kamis, 18 Mei 2023 dan punya hari kejepit di hari Jumat, 19 Mei 2023.
  • Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah - Kamis, 29 Juni 2023 dan punya hari kejepit di hari Jumat, 30 Juni 2023.
  • Hari Kemerdekaan RI ke-78 - Kamis, 17 Agustus 2023 dan punya hari kejepit di hari Jumat, 18 Agustus 2023.
  • Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW - Kamis, 28 September 2023 dan punya hari kejepit di hari Jumat, 29 September 2023.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Libur Akhir Tahun 2022 Untuk Anak SD Hingga SMA