Hore! Daftar Bansos Cair Bulan September 2023

Pemerintah akan membagikan bansos berupa bantuan bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan program keluarga harapan (PKH) pada September 2023.

Hore! Daftar Bansos Cair Bulan September 2023
Hore! Daftar Bansos Cair Bulan September 2023. Gambar: Kompas.id/Dok. Riza Fathoni

BaperaNews - Pemerintah rutin memberikan bantuan sosial atau bansos kepada masyarakat yang dianggap berhak. Bulan September 2023 ini pemerintah kembali berikan bansos berupa bantuan pangan non tunai (BPNT) Rp 600.000 dan bantuan program keluarga harapan (PKH) serta bansos lainnya untuk ringankan beban masyarakat miskin di tengah fenomena el nino.

Berikut Daftar Bansos Cair di Bulan September 2023.

1. Bansos PKH

Ialah bantuan sosial bersyarat untuk keluarga miskin yang terdaftar sebagai penerima sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola dan diperbarui Kementerian Sosial setiap bulannya. Bansos PKH diberikan 4 kali dalam setahun, pencairan Bansos PKH ialah yang ketiga di tahun 2023.

“PKH dan bansos BPNT sudah cair melalui Himbara untuk 2 bulan, Juli dan Agustus. Kalau utnuk PT Pos itu Juli, Agustus, dan September” kata Kepala Bidang Perlindungan Dinsos Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Etty Apriliana hari Jumat (1/9).

PKH telah cair melalui Bank Himbara sejak seminggu lalu, untuk penyaluran melalui PT Pos Indonesia mulai 4 September 2023.

2. Bansos BPNT

Berupa bantuan pangan non tunai atau Kartu Sembako. Penerima bansos BPNT mendapatkan sembako berupa uang tunai Rp 200.000 per bulan. Penyaluran juga dilakukan melalui PT Pos Indonesia langsung untuk 3 bulan sehingga tiap penerima mendapatkan Rp 600.000. Penyaluran melalui Himbara dilakukan untuk 2 bulan sehingga totalnya Rp 400.000 per penerima.

3. Bantuan Cadangan Pangan

Berupa pemberian bantuan pangan untuk masyarakat yang membutuhkan. Penyaluran dipercepat menyusul adanya fenomena El Nino yang memicu kekeringan ekstrim sehingga bisa berdampak pada hasil petani dan nelayan. Bantuan diberikan secara bertahap mulai September hingga November 2023 berupa beras, ayam, daging, dan telur.

Baca Juga : Uji Emisi Akan Jadi Syarat Perpanjang STNK

4. PIP Kemendikbudristek

Adalah Program Indonesia Pintar tahap 3 yang juga cair pada September 2023 berupa dukungan biaya pendidikan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu agar tetap bisa mendapat akses pendidikan dan tidak putus sekolah.

Cara Cek Status Penerima BPNT dan Bansos lainnya

  • Buka website ww.cekbansos.kemensos.go,id
  • Pilih lokasi sesuai KTP
  • Masukkan nama sesuai KTP
  • Masukkan kode huruf untuk verifikasi
  • Cek status, klik “Cari Data”

Syarat Penerima Bansos BPNT

  • Terdaftar dalam DTKS dan SIK-ng (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial)
  • Bukan pegawai atau pensiunan
  • Bukan pendamping PKH atau sejenisnya
  • Keluarga tidak mampu

Itulah daftar bansos cair bulan September 2023, semoga daftar bansos cair tersebut bisa bermanfaat dan diterima oleh orang yang tepat ya!

Baca Juga : Ini Daftar Instasi untuk Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA/SMK