Heboh! Jembatan Jembalas Bandung Barat Ambruk, Pengendara motor Terperosok ke Sungai

Jembatan Jembalas di Kabupaten Bandung Barat ambruk pada Minggu 2/1/2022 pukul 14.20 WIB, banyak pengendara motor yang melintas terperosok hingga kesungai.

Heboh! Jembatan Jembalas Bandung Barat Ambruk, Pengendara motor Terperosok ke Sungai
Jembatan Jembalas Bandung Barat Ambruk. Gambar : Dok. Polsek BatuJajar

BaperaNews - Jembatan Batujajar Cihampelas atau yang sering disebut jembatan jembalas di Kabupaten Bandung Barat ambruk pada Minggu 2/1/2022 pukul 14.20 WIB, hal ini terekam oleh salah seorang warga yang berada di lokasi dan sengaja mengabadikan dengan handphonenya, video jembatan jembalas ambruk itu pun viral di media sosial.

Jembatan yang juga dikenal dengan nama jembatan Jembalas di Bandung itu ambruk secara tiba-tiba hingga membuat 2 orang pengendara motor yang sedang melintas jatuh terjun ke sungai di bawahnya. Pada video yang beredar, tampak perekam sedang membonceng kendaraan roda dua hendak lewat jembatan jembalas tersebut, tiba-tiba di depannya kayu jembatan ambruk dan 2 orang pengendara motor terjun ke sungai bersama motornya.

Teriakan dan kepanikan pengendara motor lainnya pun tak terhindarkan, berdasarkan keterangan dalam video dijelaskan 2 orang pengendara motor terperosok ke patahan jembatan jembalas yang pecah hingga terjun ke sungai, untungnya banyak warga sekitar yang menolong hingga keduanya bisa diselamatkan baik orang maupun motornya.

Jembatan Jembalas ini merupakan penghubung Kecamatan Batujajar dan Cihampelas Bandung Barat, polisi juga sudah menuju lokasi namun belum ada keterangan resmi sebab kerusakannya, masih diamankan dan diselidiki oleh kepolisian.

Baca Juga : Viral Jembatan Perahu Omset Puluhan Juta Milik H Endang Hasilkan Rp 25 Juta perhari

Menurut warga sekitar, jembatan jembalas ini awalnya dibuat untuk membantu pejalan kaki agar tidak perlu menyeberang sungai, namun karena banyaknya warga yang melintas jembatan jembalas tersebut memakai sepeda motor, akhirnya mereka lewat dengan motor mereka dimana membuat beban jadi berat dan terus dipakai untuk lalu lalang kendaraan membuat beban terus bertambah dan akhirnya ambruk.

Menurut warga yang tidak mau disebutkan namanya tersebut, sebenarnya saat kejadian ada banyak yang terperosok karena jembatan jembalas pada saat itu memuat banyak pengendara motor, bahkan ada seorang ibu yang membonceng anaknya juga ikut terperosok, namun berhasil diselamatkan ditolong warga sekitar.

Kejadian ini jelas membuat rugi warga yang biasa melintas, warga berharap pemerintah bisa segera memperbaiki, membangun jembatan jembalas yang kokoh agar warga juga mudah dan lebih cepat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dari keterangan yang diunggak akun Instagram @infokkb, dijelaskan jembatan jembalas ambruk dan mirisnya jembatan jembalas ini tergolong masih baru yakni dibangun pada November 2021, jembatan jembalas ini beromzet  Rp 1 miliar per tahunnya dimana pengendara motor yang lewat harus bayar Rp 3.000 dan Rp 2.000 untuk pejalan kaki, namun nyatanya kualitas jembatan jembalas tidak sepadan dengan tarif yang dikeluarkan masyarakat dimana mereka harus selalu bayar kapanpun saat melewatinya.