Wow! Pasien Chip Otak Elon Musk Gerakkan Kursor dan Main Catur Pakai Telepati

Pasien yang diberi chip otak oleh Elon Musk menciptakan kehebatan dengan mampu menggerakkan kursor dan bermain catur menggunakan pikiran. Simak Selengkapnya!

Wow! Pasien Chip Otak Elon Musk Gerakkan Kursor dan Main Catur Pakai Telepati
Wow! Pasien Chip Otak Elon Musk Gerakkan Kursor dan Main Catur Pakai Telepati. Gambar : Kolase Tangkapan Layar X/@neuralink

BaperaNews - Neuralink, perusahaan rintisan chip otak yang dipimpin oleh Elon Musk, menggebrak dengan memamerkan kemampuan terbaru dari pasien pertamanya yang menggunakan chip otak

Pada Kamis (21/3), melalui siaran langsung di media sosial, Neuralink memperlihatkan Noland Arbaugh, seorang pasien berusia 29 tahun yang menggunakan chip otak untuk bermain catur secara online.

Noland Arbaugh yang mengalami kelumpuhan di bawah bahu akibat kecelakaan menyelam, menerima implan chip Neuralink pada Januari 2024. Implan ini bertujuan untuk menghubungkan otak manusia ke komputer, membantu mengatasi kondisi neurologis kompleks. 

Dalam siaran langsung di akun @neuralink, Noland Arbaugh mengungkapkan bahwa operasi untuk memasang chip tersebut berlangsung dengan mudah dan ia bahkan bisa keluar dari rumah sakit hanya dalam satu hari setelah operasi.

Baca Juga : Wow! Perusahaan Milik Elon Musk Berhasil Ciptakan Chip di Otak Manusia

Dengan implan chip otak ini, Noland Arbaugh dapat menggerakkan kursor komputer hanya dengan menggunakan pikirannya. Bahkan, ia telah menggunakan chip tersebut untuk bermain gim video seperti Civilization VI, yang sebelumnya tidak mungkin dilakukannya. 

Meskipun demikian, pasien chip otak juga mengakui bahwa teknologi ini masih belum sempurna dan masih mengalami beberapa masalah.

Chip otak Noland Neuralink, yang berukuran sebesar koin, dimasukkan ke dalam tengkorak manusia menggunakan kabel mikroskopis. Perangkat ini dapat membaca aktivitas neuron dan mengirimkan kembali sinyal nirkabel ke unit penerima. 

Sebelumnya, Noland Neuralink telah melakukan uji coba pada hewan, seperti babi dan monyet, dengan klaim bahwa monyet dapat memainkan versi dasar dari gim video Pong.

Namun, meskipun menjadi sorotan karena inovasinya, Noland Neuralink bukanlah satu-satunya pasien di perusahaan yang bergerak di bidang chip otak. 

Ada juga penelitian lain, seperti yang dilakukan oleh Ecole Polytechnique Federale di Lausanne, Swiss, yang menggunakan teknologi serupa untuk membantu pasien lumpuh berjalan hanya dengan memikirkan gerakan tertentu.

@baperanews.com

Wow! Pasien Chip Otak Elon Musk Gerakkan Kursor dan Main Catur Pakai Telepati. #viral #chipotak #elonmusk #baperanews

♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Elon Musk Akan Bawa 1 Juta Manusia ke Mars Pada 2029!