Harga Iphone 14 Naik Karena Chip Langka, Jadi Berapa?

Kelangkaan chip membuat kendala pada rantai pasokan global, termasuk produk dari Apple yaitu Iphone. Diperkirakan, kelangkaan ini membuat harga iPhone 14 naik

Harga Iphone 14 Naik Karena Chip Langka, Jadi Berapa?
iPhone 14 naik karena chip langka. Gambar : Macrumors

BaperaNews - Francesca Sweet dari Apple bicara tentang fitur iPhone SE baru di acara Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat hari Selasa 8 Maret 2022 lalu. Acara ini juga membahas kelangkaan chip akibat dampak perang Rusia Ukraina.

Kelangkaan chip membuat kendala pada rantai pasokan global, produsen elektronik sulit memenuhi kebutuhan chip, begitu pula dengan Apple. iPhone 14 direncanakan akan dipasarkan ke konsumen global dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut analis, harga iPhone 14 diperkirakan akan lebih mahal US$100 atau sekitar Rp 1,5 juta di setiap jenisnya. Salah satunya Dan ives dari Wedbush Securities mengatakan kepada The Sun, perkiraan kenaikan harga iPhone 14 sebesar US$100. “Harga telah naik sepanjang rantai pasok, dan Apple harus mentransfer kenaikan biaya ini ke konsumen” ujarnya.

Produsen pemasok komponen iPhone 14 juga menaikkan harga karena sejumlah alasan, salah satunya ialah pembatasan aktivitas akibat wabah Covid-19 di China yang juga berpengaruh besar ke rantai pasokan chip Apple. Chip buatan Samsung misalnya, naik 20% pada Mei 2022 mengikuti kenaikan harga chip lainnya.

Jika Apple menaikkan harga, jenis iPhone yang pertama terdampak ialah jenis varian dasar. iPhone 13 ketika diluncurkan seharga US$799 atau Rp 11,96 juta. Dengan perkiraan kenaikan harga iPhone mencapai US$100, maka varian iPhone 14 versi paling dasar akan menyentuh Rp 13,5 juta yang artinya, kenaikan harga mencapai 13%.

Baca Juga : 46 Satelit Masuk Orbit, Elon Musk Klaim Starlink Akan Jangkau Seluruh Bumi

Namun, Apple Insider menyampaikan tidak akan ada versi mini dari iPhone 14 dan varian dasar akan dibuat dengan ukuran standar, artinya model iPhone 14 paling murah ialah sekitar US$799, lebih mahal US$100 dari iPhone 13 mini.

iPhone 14 sendiri ialah salah satu ponsel yang paling ditunggu kehadirannya di tahun ini, diperkirakan akan rilis pada September 2022. Berbagai variannya ada iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Gizchina pada hari Minggu 29 Mei 2022 lalu juga membahas model iPhone 14 yang memiliki desain berbeda dari model HP Apple sebelumnya. Meski termasuk ponsel dengan harga selangit, iPhone dari produk Apple ini tetap jadi salah satu yang terfavorit dan dinanti-nantikan seri terbarunya terutama oleh kalangan menengah ke atas.