Google Doodle Tampilkan Robin Hood Indonesia, Siapa Donald Pandiangan?

Robin Hood Indonesia atau Donald Pariangan, atlet panahan menjadi ilustrasi Google Doodle hari ini, Senin (12/12) dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-77.

Google Doodle Tampilkan Robin Hood Indonesia, Siapa Donald Pandiangan?
Google Doodle tampilkan Robin Hood Indonesia. Gambar : Dok. Google

Baperanews - Hari ini Senin (12/12/2022) Google Doodle menampilkan wajah Donald Pandiangan, Atlet panahan Indonesia yang sedang merayakan ulang tahunnya ke-77. Donald Pandiangan adalah seorang atlet panahan Indonesia sekaligus pelatih panahan yang memenangkan medali Olimpiade pertamanya pada tahun 1988

Donald Pandiangan adalah Robin Hood of Indonesia yang lahir pada 12 Desember 1945 di Sidikalang, Sumatera Utara. Sebutan Robin Hood untuk Donald Pandiangan tak lain karena ia telah memenangkan lebih dari 20 medali emas SEA Games, sejak saat itu orang memberinya julukan Robin Hood Indonesia.

Robin Hood merupakan tokoh dalam cerita rakyat masyarakat Inggris yang dikenal sebagai seorang pemanah yang andal. Keandalannya dalam memanah, membuat Robin Hood Indonesia disegani baik oleh kawan maupun musuh-musuhnya.

Semula Donald Pandiangan bercita-cita menjadi seorang insinyur, tetapi kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah. Dia akhirnya bekerja di sebuah perusahaan transportasi, di mana dia menerima hadiah yang akan mengubah jalan hidupnya yaitu satu set panahan.

Baca Juga : Google Doodle Ikut Rayakan Hari Angklung Sedunia

Sejak saat itu dia mulai jatuh hati terhadap olahraga panahan dan mulai memutuskan menjadi atlet panahan Indonesia di usia 25 tahun. Tiga tahun kemudian, ia memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional (PON) VIII 1973 di Surabaya.

Prestasi Donald Pandiangan bertambah, empat tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada Pekan Olahraga Nasional (PON) IX 1977 di Jakarta. Donald Pandiangan juga meraih emas berkali-kali antara tahun 1977 dan 1987 di SEA Games.

Sebagai atlet panahan Indonesia, Donald Pandiangan mampu mengoleksi lebih dari 20 medali emas pada cabang olahraga panahan pada gelaran SEA Games.

Selain sebagai atlet panahan Indonesia, Donald Pandiangan juga menjadi pelatih, Ia melatih tim panahan putri trio Srikandi Indonesia (Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani) yang berhasil merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988 yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

Donald Pandiangan meninggal dalam usia 63 tahun pada 20 Agustus 2008, setelah dirawat sejak 17 Agustus 2008 di RS Cikini Jakarta akibat menderita stroke. Happy 77th birthday, Donald Pandiangan!

Baca Juga : Siapa Rasuna Said? Sosok Pahlawan Yang Jadi Google Doodle Hari Ini