Gegara Pengharum Ruangan Meledak, Rumah di Cibinong Hancur

Sebuah rumah di Cibinong, Bogor, hancur berantakan setelah pengharum ruangan meledak akibat diletakkan di dekat kompor yang menyala.

Gegara Pengharum Ruangan Meledak, Rumah di Cibinong Hancur
Gegara Pengharum Ruangan Meledak, Rumah di Cibinong Hancur. Gambar : Pojokbogor/Dok. Rishad

BaperaNews - Viral sebuah rumah hancur berantakan akibat pengharum ruangan meledak. Peristiwa diunggah salah satunya oleh akun media sosial Cibinong viral, menunjukkan tembok rumah dan atap plafon berjatuhan dan bebatuan dari puing memenuhi ruangan.

Peristiwa terjadi di Pabuaran, Cibinong, Bogor akibat pengharum ruangan meledak usai diletakkan di samping kompor yang menyala.

“Hati-hati jika meletakkan pengharum ruangan yang bentuknya gas. Taruhnya jangan di dekat kompor. Karena ini terjadi kasus rumah hancur berantakan di Cibinong Bogor akibat ledakan pengharum ruangan yang lama tidak dipakai kemudian ditaruh di dekat kompor. Ledakan sangat dahsyat” ujar perekam video.

Kapolsek Cibinong Bogor, AKP Waluyo membenarkan adanya peristiwa rumah hancur akibat pengharum ruangan meledak yakni pada hari Kamis pekan lalu pukul 07.00 WIB.

Ketika pemilik rumah mencium bau tidak sedap dan bermaksud menghilangkan bau dengan menyemprot pewangi. Ledakan terjadi ketika kompor dihidupkan.

“Awalnya pemilik rumah mencium aroma tidak sedap dari arah dapur. Yang bersangkutan kemudian menyemprot pewangi ruangan dalam bentuk botol. 5 menit setelahnya terjadi ledakan akibat panasnya botol pewangi ruangan yang menyambar ke gas LPG 3 kg, ini ketika pemilik rumah menghidupkan kompor untuk memasak air dan membuat kopi” terang AKBP Waluyo. 

Baca Juga : Remaja di Lombok Tewas Gegara Hp Meledak saat Dicas

Akibat ledakan, atap rumah rusak, istri pemilik rumah rusak karena tertimpa atap plafon yang berjatuhan.

“Pada ledakan yang membuat rumah hancur itu tidak ada korban jiwa, hanya saudara Abdul Holik pemilik rumah dan istrinya mengalami luka akibat kejatuhan atap plafon rumah bagian tengah” pungkas AKP Waluyo.

Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakut Satriadi Gunawan menjelaskan gas yang terkandung di pengharum ruangan memang bisa meledak karena memanas akibat api.

Pada peristiwa ini, penghuni rumah tidak menyadari meletakkan atau menyemprot pengharum ruangan di dekat kompor adalah hal yang berbahaya.

“Kalau ledakan terjadi karena tekanan gas ada potensi panas memang bisa memicu ledakan. Itu menurut saya memang tidak sadar menaruh pewangi ruangan di dekat kompor padahal jelas itu bahaya karena semua jenis kaleng yang ada gasnya bisa meledak kalau berada di dekat kompor menyala atau api. Kan di kemasan sudah ada lambang yang artinya memang tidak lazim ditaruh di tempat seperti dapur atau dekat kompor” pungkas Satriadi.

Baca Juga : KCIC Buka Suara Usai Atap Stasiun Kereta Cepat Halim Perdanakusuma Terbakar