FIFA Longgarkan Syarat Stadion untuk Piala Dunia 2034

FIFA merevisi persyaratan stadion untuk Piala Dunia 2034, memungkinkan tuan rumah dengan hanya empat stadion yang sudah ada.

FIFA Longgarkan Syarat Stadion untuk Piala Dunia 2034
FIFA Longgarkan Syarat Stadion untuk Piala Dunia 2034. Gambar : Reuters/Dok. Mohammed Dabbous

BaperaNews - Dalam langkah signifikan, FIFA mengumumkan perubahan persyaratan stadion untuk Piala Dunia 2034. Sebelumnya, tuan rumah harus menyediakan minimal 14 stadion dengan tujuh di antaranya sudah ada.

Kini, persyaratan tersebut direvisi menjadi hanya empat stadion yang sudah ada.

Perubahan ini diterapkan setelah pertemuan evaluasi yang dilakukan pada Kamis (5/10).

Asosiasi anggota FIFA yang sebelumnya merasa berat dengan persyaratan lama mendapati angin segar dengan aturan baru ini.

Perubahan ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi negara-negara yang memiliki sedikit stadion untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah stadion piala dunia di turnamen sepak bola paling prestisius tersebut.

Menariknya, FIFA telah mengalokasikan penyelenggaraan Piala Dunia 2034 kepada penawar dari Asia dan Australia. Arab Saudi, sebagai salah satu contoh, telah mengumumkan niatnya untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2034.

Baca Juga: FIFA: Piala Dunia 2030 Resmi digelar di 6 Negara dan 3 Benua

Proposal mereka mencakup empat stadion dengan kapasitas minimal 40.000 penonton. Dua stadion di Riyadh sedang ditingkatkan, satu berada di Jeddah, dan satu lagi yang baru dibangun di Dammam dimulai bulan lalu.

Bukan hanya itu, persyaratan baru ini diperkirakan akan memperpanjang durasi turnamen. Namun, dengan jangka waktu yang lebih panjang, FIFA berharap dapat memastikan kualitas pembangunan stadion yang lebih baik.

Dalam dokumen yang diperbarui, FIFA mendefinisikan stadion yang sudah ada sebagai stadion yang saat ini sudah ada sedang dalam tahap pembangunan, atau membutuhkan renovasi.

Pada akhirnya, perubahan aturan ini mencerminkan komitmen FIFA untuk memastikan bahwa Piala Dunia dapat diadakan dengan sukses di berbagai belahan dunia.

Dengan aturan ini, peluang untuk menyaksikan pertandingan di stadion piala dunia yang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia menjadi semakin nyata.

Kabar ini tentu menjadi angin segar di tengah berita duka yang mendominasi dunia saat ini.

Semoga, dengan penyelenggaraan Piala Dunia 2034 nanti, kita dapat melihat kebangkitan semangat dan persatuan di tengah perbedaan.

Baca Juga: Wika Salim Jadi Penyanyi Lagu Piala Dunia U-17 Bergenre Dangdut