FHCI Beri Penjelasan Soal Peserta Dapat Nilai '0' Saat Tes TKD Dan Akhlak BUMN

Director FHCI (Forum Human Capital Indonesia) Lieke Roosdianti memberi penjelasan tentang nilai TKD 0 dan nilai Akhlak 0 yang didapat salah satu peserta rekruitmen BUMN batch 2.

FHCI Beri Penjelasan Soal Peserta Dapat Nilai '0' Saat Tes TKD Dan Akhlak BUMN
FHCI beri penjelasan soal peserta dapat nilai 0 saat tes TKD dan Akhlak BUMN. Gambar : Twitter/@worksfess

BaperaNews - Beredar unggahan di media sosial Twitter sebuah tangkapan layar hasil nilai Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Akhlak milik peserta rekruitmen BUMN Batch 2 nilainya 0 atau kosong, artinya dari semua soal tes, tidak ada jawaban yang benar.

Informasi tersebut diunggah pada Rabu (28/12) dan telah dilihat lebih dari 205 ribu kali.

“Kenapa hasil tes ku begini ya, bertiga sama temanku juga. Pas tes lancar-lancar aja, masa iya bisa sampai salah semua” tulis akun tersebut dalam unggahannya. Nilai TKD 0 dan nilai Akhlak 0 tersebut jelas jauh dari batas minimal nilai yang disyaratkan.

Sebagai informasi batas nilai minimal untuk  tes TKD BUMN ialah 58 dan untuk tes Akhlak BUMN ialah 65. Sedangkan pengguna tersebut nilainya 0 di TKD maupun Akhlak, meski ia merasa ia bisa menjawab soal dengan baik. Sejumlah pengguna Twitter pun menyampaikan pendapatnya.

“Ada 2 kemungkinan, pertama kamu lupa save karena masalah jaringan, kedua kamu tes hari ini dan hasilnya baru keluar besok” komentar salah seorang warganet.

“Masa bisa sampai ga kesimpen, koneksinya bapuk kali pas ngerjain, sabar ya” timpal warganet lainnya.

Baca Juga : Jadi Syarat Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Simak Cara Buat SKCK Online

Keterangan FHCI

Director FHCI (Forum Human Capital Indonesia) Lieke Roosdianti memberi komentar tentang nilai TKD 0 dan nilai Akhlak 0 yang didapat salah satu peserta rekruitmen BUMN batch 2, ia menyebut pihaknya telah memeriksa nilai 0 tersebut.

Menurutnya, pelamar mendapat nilai 0 karena hanya mengerjakan survey di TKS dan Akhlak, tidak masuk ke sub tes berikutnya.

“Ketika di capture tadi hasil proctoring yang melakukan capture 30 menit usai kandidat itu login, datanya juga tak ada, artinya dia sudah close tab, atau logout dari link tes online” tuturnya.

Lebih lanjut Lieke Roosdianti menjelaskan, tes TKD ialah hal yang lumrah jadi persyaratan ketika seseorang melamar pekerjaan.

Mereka yang melamar akan mengikuti TKD sebelum melewati tahap berikutnya. “Sebagaimana layaknya melamar pekerjaan pasti ada TKD, nah karena ini yang dilamar BUMN, maka termasuk juga tes Akhlak yang menjadi core values di semua BUMN” imbuhnya.

Sedangkan untuk penilaiannya memang berdasarkan jumlah jawaban benar dari semua soal yang dijawab.

“Kalau untuk soalnya bagaimana saya tidak tahu ya, tapi kalau penilaiannya dari jumlah jawaban benar dari semua soal yang dijawab” pungkasnya.

Tes TKD dan Akhlak BUMN ialah salah satu tahapan tes peserta rekruitmen BUMN Batch 2 yang dilaksanakan pada 21-28 Desember 2022 lalu sebelum lanjut tahap berikutnya.

Jadwal tes TKD BUMN dan tes Akhlak BUMN telah dibagi, pelamar mendapat jadwal tes dari email mereka, hasil tes TKD BUMN dan tes Akhlak BUMN juga disimak pelamar di situs resmi https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Baca Juga : Simak Besaran Tarif Pajak Penghasilan Karyawan Terbaru, Maksimal 35%