Info Cuaca Ekstrim 30 Desember: Hujan Lebat Guyur Wilayah Ini

BMKG menginformasikan bila akan terdapat cuaca ekstrim yang melanda beberapa wilayah pada hari ini, 30 Desember, simak daftar wilayahnya!

Info Cuaca Ekstrim 30 Desember: Hujan Lebat Guyur Wilayah Ini
Info cuaca ekstrim 30 Desember. Gambar : unsplash.com/Dok. Atilla Bingöl

BaperaNews - Akhir tahun hingga awal tahun biasa menjadi momen puncak musim hujan. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) RI menyampaikan perkiraan cuaca hari ini, akan terjadi hujan lebat dan hujan ekstrim di berbagai kota Pulau Jawa pada hari ini Jumat 30 Desember 2022. Perkiraan cuaca ekstrim tersebut disampaikan pada Kamis (29/12).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan cuaca ekstrim selama masa Natal dan Tahun Baru ini terjadi karena dinamika atmosfer yang muncul bersamaan yang berdampak pada bertambahnya hujan di Indonesia bagian barat.

“Berdasarkan dari model atmosfernya akhirnya BMKG memperkirakan akan ada potensi peningkatan curah hujan pada 30-31 Desember 2022 di Indonesia” tutur Dwikorita Karnawati. Indikasi hujan ekstrim dan hujan lebat dilihat dari warna peta yang diunggah di laman resmi BMKG.

Warna pink artinya curah hujan intensitas 150 mm per hari, warna pink terlihat diantaranya di Jakarta dan Jawa Barat.

“Masuk ke laut Jawa, ada warna pink, artinya akan terjadi hujan lebat dan angin kencang juga gelombang laut tinggi hingga resiko banjir rob Jawa Tengah bagian utara” lanjut Dwikorita Karnawati.

“Sedangkan hujan sangat lebat 100-150 mm terjadi di Laut Jawa dan Banten sebagian kecil, Jakarta, Jawa Barat utara, Laut Jawa, dan Jawa Tengah Utara” bebernya.

Baca Juga : Ricuh Ramalan Badai Dahsyat Di Jabodetabek, Jokowi: Percaya Sama BMKG Saja

Warna pink juga ada di Jabodetabek untuk hari Jumat (30/12). Sebab itulah masyarakat perlu waspada dan mengetahui yang kemungkinan terjadi adalah hujan lebat, tidak sampai badai.

“Perkiraan cuaca hari ini untuk Jumat 30 Desember di Jabodetabek itu pink dan merah dan ini merata sehingga hal ini yang perlu diwaspadai, ini hujan ya, bukan badai, namun intensitas hujannya bisa ekstrim. Jadi untuk hujan ekstrim bisa terjadi di Bekasi utara, kalau hujan lebat di Jakbar, Jaktim, Jakut, dan Bekasi, ini merata” jelasnya.

Lebih lanjut, hujan lebat 50-100 mm juga diperkirakan akan terjadi di Tangerang, Tangsel, Bogor, Depok, dan Jakbar.

Berikut daftar daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat hingga hujan ekstrim di Pulau Jawa pada hari ini Jumat (30/12) yang telah dirangkum oleh tim Redaksi Bapera News. 

Daerah Yang Diperkirakan Mengalami Hujan Lebat Hingga Hujan Esktrim : 

Hujan Lebat :

  • Banten barat
  • DKI Jakarta
  • Jabar selatan
  • Yogyakarta
  • Jateng selatan
  • Jatim selatan

Hujan sangat lebat : (100-150 per 24 jam)

  • Banten utara dan selatan
  • Jakarta utara
  • Jatim utara

Hujan ekstrim : (150 mm per 24 jam)

  • Jabar utara
  • Jateng utara

Baca Juga : BRIN Berberkan Potensi Banjir Besar Di Jabodetabek