Fahd A Rafiq Mengapresiasi Kemenko Perekonomian Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) kembali meraih apresiasi atas konsistensi dan komitmennya selama 4 tahun berturut-turut.

Fahd A Rafiq Mengapresiasi Kemenko Perekonomian Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik
Fahd A Rafiq Mengapresiasi Kemenko Perekonomian Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) kembali meraih apresiasi atas konsistensi dan komitmennya dalam menyelenggarakan keterbukaan informasi publik selama 4 tahun berturut-turut.

Pada tahun 2023 ini, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemenko Perekonomian kembali berhasil mempertahankan predikat Badan Publik Informatif kategori kementerian, sejak pertama kali meraihnya di tahun 2020 silam.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mengucapkan apresiasinya terhadap kinerja Kemenko Perekonomian yang dapat transparan ke publik dan juga menjaga konsistensinya.

“Sungguh apresiatif atas kinerja Kemenko Perekonomian yang konsisten menjaga komitmen keterbukaan informasi publiknya. Ini patut dijadikan teladan bagi kementerian lain agar senantiasa transparan. Keterbukaan informasi seperti yang dilakukan Kemenko Perekonomian bisa menjadi strategi efektif untuk mendorong partisipasi dan kontrol publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Fahd A Rafiq, Minggu (24/12).

Prestasi membanggakan ini tak lepas dari arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku pimpinan tertinggi, yang senantiasa mendorong upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik secara berkelanjutan di lingkungannya.

Kemenko Perekonomian pun dinilai telah secara konsisten menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik melalui keterbukaan informasi kepada publiknya.

Berdasarkan hasil pemantauan Komisi Informasi Pusat tahun 2023, tercatat ada 139 badan publik yang meraih predikat Badan Publik Informatif dari total 369 badan publik yang berpartisipasi. Capaian Kemenko Perekonomian patut diacungi jempol dan dijadikan teladan.

“Keterbukaan informasi publik yang maksimal seperti yang dijalankan Kemenko Perekonomian akan sangat mendukung upaya percepatan reformasi birokrasi dan pencapaian visi Indonesia 2045,” ujar Fahd A Rafiq, Minggu (24/12).

Kemenko Perekonomian pun berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi publiknya dengan berbagai terobosan dan inovasi. Di antaranya, peningkatan kapasitas SDM pengelola informasi, pengadaan sarana-prasarana pendukung, hingga pemberian layanan yang inklusif bagi seluruh kelompok masyarakat termasuk rentan dan disabilitas.

Dengan pencapaian apresiatif ini, Kemenko Perekonomian semakin menegaskan tekadnya untuk senantiasa memberikan layanan informasi publik yang prima, akuntabel, dan transparan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia guna mendorong partisipasi publik.

Penulis : Ahmad G