Bicara Bulan Dzulhijjah, Fahd A Rafiq: Pelajari 5 Amalan Sunnah yang Dianjurkan

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq memberikan lima amalan Sunnah yang dianjurkan disaat memasuki 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

Bicara Bulan Dzulhijjah, Fahd A Rafiq: Pelajari 5 Amalan Sunnah yang Dianjurkan
Bicara Bulan Dzulhijjah, Fahd A Rafiq: Pelajari 5 Amalan Sunnah yang Dianjurkan. Gambar : Istimewa

Bapera News - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dan masuk asyhurul hurum. Ada banyak amalan di Bulan Dzulhijjah sesuai sunnah yang dianjurkan karena besar keutamaannya.

Keputusan sidang isbat Kementrian Agama telah menetapkan bahwa 29 Juni 2023 merupakan Hari Raya Idul Adha dan berdasarkan hisab imkan rukyat MABIMS, 1 Dzulhijjah jatuh pada 20 Juni 2023.

“Memasuki Bulan Dzulhijjah, yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT, dan anjuran melaksanakan ibadah tertentu baginda Nabi Muhammad SAW, seperti Ibadah Haji dan berkurban bagi yang mampu,” ujar Fahd A Rafiq Rabu (21/6/23).

Sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah merupakan hari yang sangat istimewa, dan dianjurkan dapat menjalani amalan Sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

“Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, ini adalah saatnya untuk menjalani amalan Sunnah yang dianjurkan baginda Nabi Muhammad SAW, muslim dianjurkan untuk mengerjakan amalan sunnah yang bernilai pahala di antaranya puasa sunnah, menyembelih kurban, tadarus Al-Quran  memperbanyak dzikir serta takbir, dan sholat sunnah.” Ucap Fahd A Rafiq.

Ini merupakan amalan Sunnah yang dianjurkan disaat memasuki 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah.

5 Amalan Sunnah Bulan Dzulhijjah : 

1. Puasa Sunnah

Pada Bulan Dzulhijjah pertama sesuai sunnah yang dianjurkan yakni melaksanakan puasa sunnah mulai tanggal 1-9 Dzulhijjah. Jika tidak bisa, dianjurkan puasa tarwiyah di hari ke-8 dan puasa arafah di hari ke 9.

2. Berkurban

Dzulhijjah adalah bulan pelaksanaan bagi ibadah qurban. Siapa pun yang menjalankan ibadah kurban akan mendapatkan pahala luar biasa dari Allah SWT.
Selain itu, ibadah kurban juga jadi bentuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail.

3. Tadarus Al-Quran

Tak ada salahnya bagi orang untuk memperbanyak tadarus Al-Qur'an di bulan ini. Bisa membaca Al-Qur'an di waktu senggang atau setelah menunaikan shalat wajib.

4. Berzikir serta takbir

Amalan di Bulan Dzulhijjah sesuai sunnah selanjutnya yakni memperbanyak dzikir terutama pada 10 hari pertama. Dzikir yang disunnahkan yakni membaca takbir, tahlil, tasbih, dan tahmid. Zikir sendiri merupakan sarana untuk mengingatkan keagungan Allah SWT

5. Sholat Sunnah

Amalan di Bulan Dzulhijjah sesuai sunnah di 10 hari pertama yakni melaksanakan sholat Idul Adha. Sholat sunnah khusus itu dikerjakan di hari terakhir dari 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Kautsar. Itulah ulasan amalan di Bulan Dzulhijjah sesuai sunnah yang dianjurkan untuk muslim amalkan karena besar keutamaan dan pahalanya.

Penulis : Fachrul Nopendra