Fahd A Rafiq Dukung Indonesia dan Jepang Sempurnakan Kesepakatan Ekonomi dan Percepat Transisi Energi

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq memberikan dukungan terhadap Indonesia dan Jepang untuk menyempurnakan kesepakatan ekonomi dan mempercepat transisi energi.

Fahd A Rafiq Dukung Indonesia dan Jepang Sempurnakan Kesepakatan Ekonomi dan Percepat Transisi Energi
Fahd A Rafiq Dukung Indonesia dan Jepang Sempurnakan Kesepakatan Ekonomi dan Percepat Transisi Energi. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Dalam pertemuan bilateral di Tokyo, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida meresmikan protokol perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) yang diharapkan berlaku pada kuartal pertama 2024.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan finalisasi ini merupakan terobosan untuk pasar produk unggulan Indonesia ke Jepang.

"Finalisasi perubahan perjanjian IJEPA merupakan terobosan baik yang akan memperluas akses pasar produk unggulan Indonesia ke Jepang." Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (19/12).

Selain itu, pembahasan terkait kerja sama pembangunan MRT turut menjadi fokus dan dibahas oleh Presiden Jokowi. "Kami mengapresiasi dukungan Jepang dalam pembangunan jalur MRT timur-barat, dan kami berharap fase selanjutnya akan selesai sesuai rencana,"

Dalam sektor transisi energi, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam hal dekarbonisasi dan pembiayaan inklusif.

Baca Juga : Kementerian PUPR Raih Penghargaan Zona Hijau Kualitas Tinggi dari Ombudsman RI, Fahd A Rafiq Beri Ucapan Selamat

"Kami berkomitmen untuk mempercepat proyek-proyek kunci, termasuk pembangkit listrik geothermal di Sumatera Barat, proyek waste-to-energy di Jawa Barat, dan pengelolaan lahan gambut di Kalimantan Tengah," jelas Presiden Joko Widodo.

"Komitmen kedua negara dalam pengelolaan lahan gambut dan pengurangan emisi ini menjadi contoh kemitraan bilateral yang konstruktif dalam aksi iklim global." Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (19/12).

Kedua pemimpin juga menyentuh isu-isu regional, dengan Presiden Joko Widodo menekankan komitmen Indonesia untuk mendorong proses damai di Palestina.

"Pertemuan ini mencerminkan tekad bersama untuk memperkuat hubungan bilateral, mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan berkontribusi pada stabilitas regional," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Penulis : Ahmad G

Baca Juga : Fahd A Rafiq Menyakini Indonesia Siap Jadi Negara Maju dengan Ekonomi Digital yang Kuat