Fahd A Rafiq Bicara Tentang Hari Donor Darah Sedunia dan Manfaatnya

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq bicara tentang Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati pada hari ini tanggal 14 Juni 2023. 

Fahd A Rafiq Bicara Tentang Hari Donor Darah Sedunia dan Manfaatnya
Fahd A Rafiq Bicara Tentang Hari Donor Darah Sedunia dan Manfaatnya. Gambar : Dok. Istimewa

Bapera News - Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, bicara tentang hari donor darah sedunia yang diperingati tepat pada hari ini tanggal 14 Juni 2023. 

Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day diperingati sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran akan donor darah. Peringatan Hari Donor Darah Sedunia juga bertujuan untuk menyampaikan terima kasih kepada mereka yang sudah melakukan donor darah untuk menyelamatkan jiwa.

“Kita sadari mengenai pentingnya donor darah untuk menyelamatkan hidup orang banyak. Darah sangat penting buat mereka yang mengalami pendarahan, penyakit yang berkaitan dengan darah, juga pasien yang sedang operasi dan yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah,” ujar Mantan Ketua DPP KNPI Fahd A Rafiq Rabu (14/6/2023).

Fahd A Rafiq menyampaikan, Hari Donor Darah Sedunia diinisiasi pada tahun 2004 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyadarkan akan perlunya donor darah untuk menyelamatkan nyawa.

Banyak manfaat yang didapatkan dari donor darah, seperti dapat mengetahui kesehatan tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, kadar hemoglobin (Hb) atau zat besi, menurunkan tekanan darah, kesehatan mental lebih baik, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

“Betapa pentingnya akan donor darah untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia, karena hal itu kita, banyak manfaat yang didapatkan dari donor darah, seperti dapat mengetahui kesehatan tubuh, mulai dari detak jantung, suhu tubuh, tekanan darah, kadar hemoglobin atau zat besi, tidak hanya itu yang kita rasakan adalah kesehatan mental lebih baik dan dapat juga untuk membantu agar berat badan kita terjaga," tutur Fahd A Rafiq. 

Penulis : FNID