DPD Bapera Aceh Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Di Aceh

Aceh dilandan bencana banjir, DPD Bapera Aceh Salurkan Bantuan Untuk masyarakat yang terdampak.

DPD Bapera Aceh Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Di Aceh
DPD Bapera Aceh Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Di Aceh

BaperaNews - Bencana Banjir yang melanda beberapa kabupaten dan kota di pesisir timur laut Aceh semakin meluas. Curah hujan yang terbilang tinggi menjadi salah satu faktor banjir di Aceh semakin meluas hingga mencakup 14 kabupaten.

Sebelumnya, Mirzani, yang merupakan seorang kepala pelaksana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, menyampaikan banjir mulai terjadi pada Kamis (31/12/21). pukul 07.00 WIB. 

Mirzani juga membeberkan kecamatan yang terkena bencana banjir di Aceh meliputi 14 kecamatan yakni, Kecamatan Dewantara, Kecamatan Sawang, Kecamatan Banda Baro, Kecamatan Cot Girek, Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Pirak Timu dan Kecamatan Tanah Luas, Kecamatan Samudera, Kecamatan Langkahan, Kecamatan Kuta Makmur, Kecamatan Geureudong Pase, Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Paya Bakong.

Akibatnya, puluhan ribu penghuni rumah yang terendam air akibat dari dampak bencana banjir di Aceh Utara, Aceh Timur, dan Lhokseumawe harus dievakuasi dan mengharuskan mereka untuk mengungsi sementara di tempat umum sampai keadaan mulai kondusif.
 
Terkait bencana banjir tersebut, Bupati Aceh Utara H.Muhammad Thaib mengambil langkah darurat dengan menetapkan status tanggap darurat pada 2 hingga 16 Januari 2022 selama 15 hari untuk menangani bencana banjir yang melanda kabupaten tersebut. 

Sebelumnya dikabarkan banjir merendam 11 kecamatan yang berada di sekitar Kabupaten Aceh Utara. Selain Itu, bencana banjir di Aceh ini juga merendam akses lintas nasional Medan-Banda Aceh sehingga tak bisa dilalui. 

Dalam situasi bencana ini, Bapera juga tidak lupa untuk berpartisipasi dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak dari terjadinya bencana alam ini. DPD Bapera Aceh turut serta dengan memberikan bantuan untuk para korban bencana banjir di Aceh. 

Baca Juga : DPD Bapera Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Di Padang Lawas

Bantuan yang diberikan oleh DPD Bapera Aceh berupa berbagai macam bahan pokok serta makanan ringan dan kebutuhan sehari-hari yang terdiri mulai dari beras, telur ayam, minyak goreng, mie instan, dan berbagai jenis lainnya. 

Bantuan diberikan pada Senin (3/01/2022) kemarin. Bantuan tersebut disalurkan ke posko-posko pengungsian di area sekitar terjadinya bencana banjir

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Bapera terhadap masyarakat. dengan adanya kegiatan ini, Bapera berharap dapat meringankan beban membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir di Aceh.