DPD Bapera Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Di Padang Lawas

Di tengah situasi banjir bandang yang melanda Padang Lawas, Bapera kembali ikut serta dalam membantu masyarakat yang terkena dampak dari bencana alam tersebut sebagai bukti nyata untuk masyarakat.

DPD Bapera Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang Di Padang Lawas
DPD Bapera Padang Lawas Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir Bandang

BaperaNews - Bencana banjir bandang yang melanda wilayah Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara menyebabkan banyak kerugian untuk masyarakat sekitar dimana sebagian tempat tinggal masyarakat harus mengalami kerusakan akibat banjir bandang ini. 

Di tengah situasi tersebut, Bapera kembali ikut serta dalam membantu masyarakat yang terkena dampak dari banjir bandang di Kabupaten Padang Lawas. 

Kegiatan gotong royong dan berbagi sembako ini juga menjadi salah satu bukti nyata keberadaan Bapera untuk masyarakat. Di tengah situasi tersebut juga turut hadir Dpd Bapera Tapanuli Selatan Tamrin Nasution, Dpd Bapera Mandailing Natal Ahyar Siregar, Dpd Bapera Padang Lawas Ofryananda M Yusuf Siregar.
 
Latar belakang  kegiatan ini erat kaitannya dengan kewajiban Bapera untuk menanamkan rasa tanggung jawab sosial dan moral yang sesungguhnya kepada masyarakat. Kontribusi yang mempengaruhi keberlangsungan kehidupan masyarakat sehari-hari juga menjadi dasar bagi Bapera untuk melakukan kegiatan tersebut. 
 
Kegiatan gotong royong dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan bencana ini dilakukan pada hari senin (3/12/2021) dengan berbagi sembako untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Padang Lawas. 

Penyaluran sembako tersebut merupakan bantuan langsung dari Ketua Umum Bapera yakni Fahd El Fouz A Rafiq, yang langsung disalurkan oleh perwakilan Bapera Daerah.

Adapun daftar kecamatan di Kabupaten Padang Lawas yang terkena dampak dari banjir bandang adalah sebagai berikut:

- Kecamatan Batang lobu Sutam
- Desa Tanjung Baru
- Desa Muara malinto
- Desa Tandolan
- Desa siadam
- Desa Tamiang
- Desa psr. Tamiang
- Desa Tanjung Barani
- Desa Manggis
- Desa Pinarik 
- Desa Siojo
- Desa Paran manggis
- Desa Huta Nopan
- Desa Tangga Batu
- Desa Paran Dolok
- Desa Aek Sorik

Kegiatan gotong royong ini dimulai dengan membagikan sembako untuk masyarakat sekitar yang terdampak oleh banjir bandang.

Dalam kegiatan turun langsung tersebut, terdapat Bapera Tapanuli Selatan, Bapera Mandailing Natal dan juga Bapera Padang Lawas yang berusaha untuk membantu untuk meringankan beban para korban bencana alam dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bapera memberikan bantuan beras sejumlah tiga puluh karung berukuran 5kg, Mie Instan sebanyak 15 kardus serta berbagai makanan ringan.

Diharapkan kedepannya, Bapera dapat terus konsisten dalam menjalankan tugas dan fungsi sosialnya serta peka terhadap lingkungan, kepedulian sosial yang tinggi, dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini juga tentunya membutuhkan kekompakkan serta kebersamaan dari seluruh Anggota Bapera agar dapat terus menjalankan program-programnya yang bersifat sosial, positif, mengedukasi dan mewujudkan fungsi dan eksistensinya, baik di lingkungan sekitar maupun di lingkungan sosial masyarakat.

Kami segenap redaksi Baperanews.com turut berduka atas bencana Banjir Bandang yang menyebabkan hilangnya tempat tinggal warga sekitar. Doa terus kami haturkan kepada seluruh korban yang terdampak.