Daftar PTN Yang Membuka Jalur Seleksi Mandiri Hingga Juli 2022

Untuk kamu yang kemarin gagal mengikuti berbagai seleksi masuk PTN, jangan khawatir! Berikut daftar PTN ternama yang masih membuka jalur seleksi mandiri hingga bulan Juli 2022.

Daftar PTN Yang Membuka Jalur Seleksi Mandiri Hingga Juli 2022
Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Gambar : Dok. Humas Unesa

BaperaNews - Pengumuman dari hasil SBMPTN UTBK 2022 telah diumumkan bulan Juni lalu. Untuk kalian para calon mahasiswa yang belum lolos dalam ujian SBMPTN UTBK 2022 tidak perlu khawatir, karena masih banyak jalur untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman.

Salah satu jalur yang bisa kalian coba adalah jalur seleksi mandiri di masing-masing kampus. Karena hingga saat ini masih ada beberapa universitas yang membuka seleksi mandiri untuk para calon mahasiswanya.

Berikut daftar PTN yang masih membuka jalur seleksi mandiri hingga Juli 2022:

  1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Gambar : Dok. Humas Unesa

Jalur seleksi mandiri Unesa terbagi menjadi beberapa jalur yang diantaranya ialah Jalur prestasi, jalur non-tes UTBK, Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK), serta jalur disabilitas. Biaya pendaftaran untuk jalur seleksi mandiri Unesa dibuka dengan harga Rp 300 ribu untuk pilihan satu prodi dan Rp 400 ribu untuk pilihan dua prodi. Untuk kalian yang berminat mendaftar jalur seleksi mandiri Unesa dapat mengunjungi link https://sipenmaru.unesa.id

Baca Juga : Universitas Trisakti Buka Jalur Beasiswa KIP Sampai 30 Juli, Ini Syarat, Cara Daftar dan Link!

Berikut daftar batas pendaftaran jalur seleksi mandiri Unesa 2022:

  • Pendaftaran jalur prestasi telah dibuka pada 29 Juni - 17 Juli 2022
  • Pendaftaran TMUBK sarjana dan sarjana terapan akan dibuka pada 4 - 13 Juli 2022
  • Jalur disabilitas dibuka mulai 4 - 13 Juli 2022
  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Gambar : Instagram.com/@Viata Anikawati

Serupa dengan Unesa, UNY juga membuka jalur seleksi mandiri yang terbagi menjadi beberapa jalur. Meski, jalur seleksi mandiri prestasi telah ditutup pada 5 Juli lalu, masih ada kesempatan jalur lain yang bisa kalian coba di seleksi mandiri UNY. Biaya pendaftaran jalur seleksi mandiri UNY adalah Rp 200 ribu. Kalian dapat mendaftarkan diri dengan mengunjungi laman https://pmb.uny.ac.id/

Batas pendaftaran seleksi mandiri UNY 2022:

  • Seleksi Mandiri CBT Kampus 20 Juli 2022
  • Seleksi Mandiri CBT Domisili 15 Juli 2022
  • Seleksi Mandiri Kerjasama 17 Juli 2022
  1. Universitas Brawijaya (Unbraw)

Universitas Brawijaya (Unbraw). Gambar : Okezone.com/Dok. Avirista Midaada

Salah satu PTN Favorit yang berlokasi di Malang ini ternyata masih membuka jalur seleksi mandiri hingga 14 Juli 2022 mendatang. Para calon mahasiswa dapat mendaftrakan dirinya dengan biaya pendaftaran senilai Rp 350 ribu. Untuk kalian yang berminat mengikuti seleksi mandiri Unbraw dapat mengunjungi laman resmi pendaftran yakni https://admisi.ub.ac.id

  1. Universitas Andalas

Universitas Andalas. Gambar : Padangkita.com/Dok. Averroez

Universitas Andalas membuka seleksi mandiri hingga 13 Juli 2022 untuk calon mahasiswanya dengan memanfaatkan nilai UTBK. Nah, hal ini cocok untuk kalian yang mengikuti SBMPTN UTBK namun belum berkesempatan untuk lolos. Dengan adanya seleksi mandiri ini, kalian hanya perlu menginput skor dari hasil UTBK kalian.

Biaya pendaftaran dalam seleksi mandiri Unand ini dikenakan Rp 350 ribu dengan pilihan prodi saintek/soshum dan Rp 500 ribu untuk campuran. Link pendaftaran selesi mandiri Unand https://pmbm.unand.ac.id.

Baca Juga : Universitas Atma Jaya Buka Pendaftaran Beasiswa KIP Hingga 11 Juli, Berikut Syarat Dan Link Pendaftarannya!

  1. Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang)

Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang). Gambar : Dok. Imam N/Radar Malang

Jalur seleksi mandiri UIN Malang dibuka hingga tanggal 22 Juli 2022. Biaya pendaftaran dalam seleksi mandiri ini yakni senilai Rp 300 ribu. Untuk kalian yang berminat menjadi bagian dari mahasiswa UIN Malang dapat mengunjungi https://reg.uin-malang.ac.id untuk mengikuti seleksi mandirinya.

Baca Juga : Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga Oktober 2022. Berikut Syarat, Cara Daftar Dan Linknya!

Baca Juga : 9 Daftar PTN Yang Membuka Jalur Mandiri Dengan Nilai UTBK Hingga Bulan Agustus!