Blt El Nino Rp400.000 Cair Bulan Ini, Cek Daftar Penerimanya!

Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 pada bulan Desember 2023 telah cair secara bertahap. Berikut cara cek penerima BLT El Nino.

Blt El Nino Rp400.000 Cair Bulan Ini, Cek Daftar Penerimanya!
Blt El Nino Rp400.000 Cair Bulan Ini, Cek Daftar Penerimanya! Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino sebesar Rp400.000 per bulan, sejak 13 Desember 2023.

Bantuan ini merupakan langkah pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino yang memicu kelangkaan dan tingginya harga komoditas di pasaran.

Bantuan senilai Rp200.000 per bulan untuk November dan Desember telah disalurkan melalui mekanisme rapel.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, mengungkapkan bahwa penyaluran BLT El Nino melalui kantor pos telah dimulai sejak 13 Desember 2023. Sementara itu, penyaluran melalui perbankan baru dimulai pada 14 Desember 2023.

"BLT El Nino dimulai Rabu kemarin oleh Bapak Presiden di Pekalongan dan Malang. Itu yang disalurkan lewat kantor pos karena daerah jauh dari layanan perbankan, sedangkan untuk pelayanan melalui perbankan baru dimulai [per 14/12/2023]," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (18/12).

Baca Juga : Ini Jadwal Pencairan BLT El Nino 2023, Bansos Akan Langsung Cair!

Adapun, penyaluran BLT ini ditargetkan untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Rencananya, penyaluran ini akan selesai sebelum Hari Raya Natal.

"Karena baru mulai belum begitu banyak yang dapat, diperkirakan 10 hari, atau sebelum Natal akan tuntas BLT El Nino," tambah Isa.

Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp7,52 triliun untuk perlindungan sosial masyarakat, termasuk bantuan El Nino.

Fenomena El Nino yang terjadi akibat pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal di Samudera Pasifik ini berdampak pada musim panas berkepanjangan di Tanah Air sejak Agustus 2023 dan diperkirakan berlanjut hingga Februari 2024.

Cara Cek Penerima BLT El Nino

Untuk memastikan apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT El Nino atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Isi wilayah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  3. Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan KTP.
  4. Masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak.
  5. Klik tombol Cari Data.
  6. Jika Anda terdaftar sebagai penerima manfaat, data Anda akan muncul.

Baca Juga : Hore! Ini Daftar Bansos yang Cair Bulan Desember 2023