Ruas Tol Jogja-Solo Bakal Beroperasi Secara Gratis Selama Nataru

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengumumkan bahwa ruas Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo selama periode mudik dan balik Nataru akan beroperasi secara gratis.

Ruas Tol Jogja-Solo Bakal Beroperasi Secara Gratis Selama Nataru
Ruas Tol Jogja-Solo Bakal Beroperasi Secara Gratis Selama Nataru. Gambar : Dok. Jasa Marga

BaperaNews - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengumumkan pengoperasian fungsional ruas Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo selama periode mudik dan balik Nataru.

Jalan tol gratis ini, yang membentang dari Kartasura hingga Karanganom, akan memberikan layanan gratis kepada pengguna jalan yang melintas selama jadwal operasional fungsional.

Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) akan diaktifkan pada 22-31 Desember 2023 untuk arus mudik dan pada 1-3 Januari 2024 untuk arus balik.

Pada periode tersebut, jalur fungsional ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Penting untuk dicatat bahwa kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan roda 4 golongan 1 non-bus dan non-truk, dengan kecepatan maksimum 40 km per jam.

Direktur Utama PT JMJ, Suchandra P Hutabarat, menjelaskan bahwa pengoperasian jalur fungsional ini tanpa tarif bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang melakukan mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Perbedaan signifikan dari pelayanan pada lebaran Idul Fitri sebelumnya adalah pembukaan jalur fungsional kali ini lebih panjang, membentang dari akses GT Colomadu hingga on/off Banyudono dan Karanganom, mencakup 13 kilometer.

Baca Juga : Kabar Baik! Tarif Tol Jakarta-Semarang Diskon 10% Saat Libur Nataru

"Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten," ungkap Hutabarat.

Pada periode arus mudik, jalur fungsional akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu Tol Trans Jawa menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa akan dialihkan melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Sementara itu, pada periode arus balik Nataru, jalur fungsional akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono dan GT Karanganom menuju GT Colomadu.

Hutabarat menegaskan bahwa PT JMJ telah menyiapkan sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional ini.

Dalam menghadapi kemungkinan keadaan darurat, PT JMJ menyediakan Mobile Customer Service (MCS), ambulance, BBM mobile, toilet portable, serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat.

Baca Juga : Liburan Hemat! 266 Km Ruas Jalan Tol Bisa Dilewati Gratis Saat Nataru 2023