Begini Penjelasan Para Ahli Soal Artis Yang Ramai Ramai Pakai NFT

Sejumlah artis Indonesia mulai mengikuti bisnis Non Fungible Token (NFT) Hal ini diduga metode developer untuk lebih mempopulerkan NFT.

Begini Penjelasan Para Ahli Soal Artis Yang Ramai Ramai Pakai NFT
Penjelasan Para Ahli Soal Artis Ramai Ramai Pakai NFT. Gambar: Unsplash.com/ Andrey Metelev

BaperaNews - Sejumlah artis Indonesia mulai mengikuti bisnis Non Fungible Token (NFT), dugaan dari ahli hal itu adalah metode developer untuk lebih mempopulerkan NFT. Pengamat Budaya & Komunikasi Digital UI, Firman Kurniawan, menjelaskan hal itu berhubungan dengan perilaku artis yang sering menjadi tren atau ditiru masyarakat luas.

“Bahwa artis yang merupakan pekerjaan terkenal didekati marketplace untuk bisa meningkat kepopuleran NFT di masyarakat, agar lebih diterima, sebagai investasi aset digital, logika ini sangat mungkin digunakan” ujarnya Senin 31 Januari 2022.

Firman menjelaskan hal ini akan membuat banyak masyarakat tertarik untuk memandang  aset digital ini sebagai salah satu peluang investasi, salah satu hal yang menjadi daya tarik NFT sendiri ialah akses yang mudah, baik untuk kreator maupun pengguna, yakni cukup dengan masuk ke akses jaringan digital ekosistem NFT.

“Barriers to entry nya cukup mudah, semua orang bisa akses di jaringan digital dan bisa membuat atau mendistribusi sebuah artefak digital untuk mereka tawarkan” lanjutnya. Tak ayal, hingga kini pun banyak masyarakat mulai ramai-ramai menjual aset digital berbentuk NFT.

Baca Juga: 5 Teknologi Canggih Masa Depan yang Sebaiknya Tidak Diciptakan

Dari informasi CNNIndonesia Senin 17 Januari 2022 lalu, berbagai jenis aset digital sudah banyak dijual di OpenSea, mulai dari data KTP lengkap dengan foto selfie hingga foto lemari jadul. Selain itu, artis terkenal seperti Luna Maya, Syahrini, dan Anang Hermansyah juga ikut membuat aset digital berbentuk NFT.

Berikut beberapa artis dan tokoh terkenal Indonesia yang mengikuti tren NFT dengan menjual karya digitalnya :

  1.       Luna Maya

Digandeng kreator NFT dari Jepang, Tokau untuk membuat aset digital berjudul Luna Maya Queen of the Moon yang isinya ada 10 item, dijual sekitar Rp 34 juta.

  1.       Syahrini

Meluncurkan NFT berjudul Syahrini’s Metaverse Tour yang berjumlah 17.800 unit masing-masing dijual seharga Rp 286.000

  1.       Anang Hermansyah

Meluncurkan token yang memungkinkan pengguna bisa main beragam game teknologi blockchain dengan tema tradisional khas Indonesia seperti Layangan, Congkak, dan Komodo Legends.

  1.       Denny JA

Menjual lukisan dirinya berjudul A Portrait of Denny JA 40 Years in the World of Ideas, yakni menyerupai wajah Denny berdasarkan 102 sampul buku yang pernah ia tulis selama 40 tahun berkarya.

  1.       Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat turut mempopulerkan NFT, ia berhasil menjual salah satu lukisan seniman di Jl. Braga Bandung seharga Rp 4,2 juta.

  1.       Bumi Langit

Adalah sebuah waralaba dunia hiburan, ia meluncurkan ratusan karya NFT mereka yang merupakan adaptasi dua superhero ikonik lokal yakni Sri Asih dan Gundala, dijual dengan harga Rp 1,1 juta per itemnya.