Bayi Baru Lahir Selamat Tertimbun Puing Bangunan Usai Gempa Suriah

Viral seorang bayi perempuan yang baru lahir ditemukan selamat di tengah puing-puing bangunan gempa Suriah.

Bayi Baru Lahir Selamat Tertimbun Puing Bangunan Usai Gempa Suriah
Bayi baru lahir selamat tertimbun puing bangunan usai gempa di Suriah. Gambar : REUTERS/Umit Bektas

BaperaNews - Viral bayi perempuan ditemukan selamat di tengah puing-puing bangunan gempa Suriah. Diketahui terjadi gempa dahsyat berkekuatan 7,7 magnitudo mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2). Bayi ditemukan masih dalam keadaan tersambung dengan tali pusar, sedangkan sang ibu diduga sudah meninggal dunia.

Penemuan bayi baru lahir itu terjadi ketika ada seorang warga Suriah bernama Khali mendengar suara bayi menangis. “Kami mendengar suara bayi menangis ketika kami sedang menggali puing gempa, kami membersihkan puing itu dan kami menemukan bayi masih hidup masih terikat tali pusatnya” tutur Khali.

Warga dan tim penyelamat pun kemudian membawa bayi baru lahir tersebut ke rumah sakit. Bayi tersebut berjenis kelamin perempuan, mendapat perawatan di RS Arfin, dokter anak di RS tersebut bernama Hani Maarouf mengungkap kondisi bayi sudah stabil meski sempat mengalami memar dan hipotermia (suhu rendah) akibat musim sangat dingin yang sedang terjadi di Suriah dan Turki.

Bayi baru lahir tersebut ialah satu-satunya yang selamat dari gedung apartemen lima lantai yang telah hancur total akibat gempa Suriah. Gempa 7,7 magnitudo yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin pagi ini berimbas pada banyaknya korban jiwa.

Baca Juga : Dampak Gempa Turki: Jumlah Korban dan Kerusakan

Hingga saat ini ada sekitar 7.266 orang dilaporkan tewas, 5.434 dari Turki dan 1.832 dari Suriah. Sedangkan korban luka dilaporkan mencapai 35.626 jiwa. Komunitas internasional beramai-ramai mengirim bantuan tim penyelamatan untuk membantu korban yang terperangkap di puing bangunan entah itu nanti korban akan ditemukan dalam keadaan selamat atau hidup.

Rusia juga mengirim pasukannya ke Turki untuk membantu penyelamatan korban meski negaranya sedang berperang. Turki dan Suriah menerima apapun bentuk bantuan untuk para korban baik itu bantuan tenaga, makanan, obat, maupun kebutuhan lainnya.

Kondisi musim sangat dingin dan adanya badai salju sempat mempersulit pencarian dan semakin membuat para korban kesusahan, ada sejumlah titik beku membuat puing bangunan susah diambil. Diduga jumlah korban jiwa akan terus bertambah mengingat hingga saat ini masih banyak korban yang belum ditemukan.

Melihat dari kondisi di lokasi gempa di Suriah, seolah seperti hal yang tidak mungkin ada seorang bayi bisa selamat usai tertimbun puing bangunan dan terjadi badai salju. Namun tidak ada yang tidak mungkin dengan kuasa Allah, pada kenyataannya, bayi perempuan yang baru lahir tersebut bisa selamat meski ia sempat berada dalam kondisi yang sangat sulit.

Baca Juga : Breaking News: Turki Gempa M 7,8, Gedung dan Mall Runtuh