Bakal Uji Coba Pasar, Segini Harga BBM Bioetanol

PTPN III Persero telah mengajukan harga indeks pasar bioetanol kepada Pertamina untuk uji coba penjualan BBM bioetanol. Simak berita selengkapnya di sini!

Bakal Uji Coba Pasar, Segini Harga BBM Bioetanol
Bakal Uji Coba Pasar, Segini Harga BBM Bioetanol. Gambar : Wikimedia Commons/Rama

BaperaNews - Perusahaan Perkebunan Nusantara PTPN III Persero telah mengajukan harga indeks pasar (HIP) bahan bakar nabati (BBN) jenis bioetanol di tengah pembahasan kerjasama perusahaan perkebunan pelat merah tersebut dengan PT Pertamina Persero untuk jalankan uji coba pasar penjualan BBM bioetanol 5% di akhir Juni 2023.

CEO Subholding Perkebunan Tebu PTPN Sugar Co, Aris Toharisman menyebut HIP yang diajukan itu bisa memenuhi aspek ekonomi produksi bioetanol di tingkat produsen. Namun usulan masih dimatangkan kedua perusahaan yang sama-sama milik negara ini.

“Kami masih tunggu kebijakan dari pengguna BBM bioetanol fuel grade itu, kalau HIP bisa diterima, kami bisa segera action” kata Aris hari Senin (19/6).

Harga BBM Bioetanol Pertamina

Adapun HIP yang diajukan PTPN III untuk produk BBM baru Pertamina bioetanol ialah Rp 13.500 per liter. Dalam waktu dekat, rencananya akan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU PTPN III dan Pertamina untuk program bauran bensin berisi tetesan tebu tersebut.

Corporate Secretary Pertamina, Irto Ginting mengatakan akan lakukan penyesuaian dulu pada bauran E5 di tiap jenis bensin untuk mendapat nilai ekonomi yang sesuai dari hulu ke hilir.

“Maka untuk harga BBM Bioetanol akan ditentukan dengan kompetitif sesuai BBM di kelasnya” tutur Irto. 

Baca Juga : Siap-Siap! Pertamina Akan Luncurkan BBM Baru Pada Juni 2023

Uji Coba Penjualan BBM Baru Pertamina Bioetanol Segera Dilakukan

Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menyampaikan uji coba penjualan BBM baru Pertamina Bioetanol akan segera dilakukan dari hulu ke hilir.

“Rencananya dilakukan market trial dulu oleh Pertamina dan ini masih dibahas bersama stakeholder lainnya termasuk dari besaran volumenya. Jadi market trial itu diharapkan tidak ada alokasi subsidi” pungkas Dadan.

Selama masa uji coba, Dadan menyebut harga Bioetanol yang dijual merupakan harga murni atau tanpa subsidi dari pemerintah yang juga diharapkan akan terus berlaku ke depannya. Sehingga BBM Bioetanol ini ialah BBM non subsidi yang memiliki kualitas serta bahan lebih baik dari BBM Pertamina lainnya.

Perkiraan harga BBM Bioetanol Pertamina sekitar Rp 13.500, harga ini masih dipertimbangkan, bisa jadi ada kenaikan atau penurunan dari harga tersebut ketika dilakukan uji coba penjualan mendatang.

Baca Juga : Fakta Menarik Terkait Bioetanol, BBM Terbaru Pertamina