Transjakarta Siap Buka Rute Ke Bandara Soetta

PT Trans Jakarta mengaku siap memberi layanan Soetta ke Jakarta jika memang ada tugas dan arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Simak selengkapnya!

Transjakarta Siap Buka Rute Ke Bandara Soetta
Transjakarta Siap Buka Rute Ke Bandara Soetta. Gambar : Kompas

BaperaNewsIde angkutan murah menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta muncul usai adanya kejadian viral seorang warga terkena harga taksi dari sales dengan biaya fantastis mencapai Rp 900 ribu sekali perjalanan. PT Trans Jakarta mengaku siap memberi layanan Soetta ke Jakarta jika memang ada tugas dan arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Jika ditugaskan oleh Pemprov DKI Jakarta tentu kami TransJakarta siap” tutur Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR TransJakarta Wibowo hari Sabtu (27/5).

Wibowo menyebut TransJakarta ini pernah melayani transportasi rute ke bandara Soetta-Jakarta ketika dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan pihak Angkasa Pura II di tahun 2019 lalu. Disana terlihat potensinya tinggi, sebab itu jika memang diberi tugas, pihak TransJakarta akan melaksanakannya.

“Bahwa TransJakarta sempat melayani bandara, potensi pelanggan memang besar sekali, jika ditugaskan oleh Pemprov Jakarta, TransJakarta siap” sambungnya. 

Baca Juga : Jaklingko Percepat Penerapan Face Recognition Untuk Di Semua Halte Transjakarta Dan Stasiun MRT

Viral Harga Taksi Bandara Soetta - Jakarta Rp 900.000

Sementara seorang warga hampir saja dikenai tarif fantastis ongkos transportasi rute Bandara Soetta-Jakarta Rp 900.000 yang jelas terlalu mahal. Warga tersebut dikenai tarif tersebut oleh seorang sales taksi. Sebab itulah muncul ide angkutan murah yang bisa dipakai warga untuk rute perjalanan Soetta Tangerang hingga Jakarta.

Sekedar gambaran, saat ini transportasi umum yang telah tersedia untuk transportasi rute Bandara Soetta-Jakarta dan sebaliknya ialah kereta bandara yang tarifnya hanya Rp 50.000-70.000. Ada juga bus DAMRI seharga Rp 90.000. Di luar itu, ada taksi online, ojek online, dan transportasi swasta lainnya.

Selama ini belum ada Transjakarta untuk wilayah Tangerang, Banten. Pemerhati transportasi muncul ide untuk memunculkan angkutan umum murah tersebut untuk rute Bandara Soetta-Jakarta sehingga bisa dipakai oleh warga yang hendak ke Bandara ataupun sekedar melewati rute tersebut dengan harga yang terjangkau.

“Kalau mau ada bus ke bandara, busnya jangan lewat tol. Ini beda sifatnya dengan DAMRI, nanti bus ada banyak halte di luar tol, bisa berhenti di halte itu” kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Transportasi Indonesia Djoko Setijowarno Jumat (26/5).

Pemerintah Pemprov DKI Jakarta sendiri belum memberi komentar lebih lanjut, akankah akan meluncurkan bus Transkakarta rute ke Bandara Soetta atau tidak.

Baca Juga : Kemenhub Akan Konversi Bus ‘Rongsok’ Menjadi Kendaraan Listrik