Badan Pangan Nasional Pastikan Harga Daging Sapi Stabil Jelang Idul Adha

Arief Prasetyo sebagai Kepala Badan Pangan Nasional akan pastikan harga daging sapi stabil menjelang Lebaran Idul Adha 2022 di Jabodetabek dan Bandung Raya.

Badan Pangan Nasional Pastikan Harga Daging Sapi Stabil Jelang Idul Adha
Badan Pangan Nasional Akan pastikan harga daging stabil jelang Idul Adha 2022. Gambar : MI/Dok. FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

BaperaNews - Badan Pangan Nasional (NFA) memastikan tak akan terjadi kenaikan harga daging sapi menjelang hari Raya Lebaran Idul Adha 2022. Namun saat ini sudah ada kenaikan harga daging sapi di sejumlah daerah.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo menyebut harga daging sapi akan stabil menjelang Lebaran Idul Adha 2022. Di Jabodetabek dan Bandung Raya. Harga daging sapi untuk saat ini berada di bawah Rp 160.000.

“Kalau kita lihat kemarin, jelang Lebaran Idul Adha 2022 ada pengamat menyebut harga daging sapi menjadi Rp 200.000, itu tak terjadi. Alhamdulillah di Jakarta dan Bandung Raya kemarin harga masih di bawah Rp 160.000” ujar Arief Prasetyo, di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta (19/6).

Kementrian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kemenhub, dan Holding BUMN Pangan ID Food terus melaksanakan distribusi sapi hidup, dilakukan dari sentra produksi ke kawasan konsumen seperti Jabodetabek dan Bandung Raya.

Per hari Minggu, 19 Juni 2022, sudah ada 450 ekor sapi hidup yang didatangkan dari Parepare, Sulsel dan Arief Prasetyo memastikan akan ada lebih banyak sapi lagi yang didatangkan.

Baca Juga : Wabah Virus PMK Hewan Ternak, Daftar Bagian Daging Yang Tidak Boleh Dimakan!

Dari catatan PT Berdikari yang merupakan anggota BUMN Holding Pangan, stok hewan ternak sapi dilaporkan berjumlah 1.464 ekor, tersebar di Jabar dan Sulsel. PT Berdikari juga telah bekerjasama dengan Balai Karantina Hewan (BKH) untuk mencegah adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ketika proses distribusi sapi.

Hari Raya Idul Adha 2022 akan jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022, namun tanggal tersebut belum pasti, pemerintah masih akan melakukan siding isbat yang digelar di akhir Juni 2022. Sedangkan Ormas islam Muhammadiyah sudah menetapkan hari Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022 berdasarkan perhitungan hisab.

Memang Idul Adha tahun ini bisa saja berbeda tanggalnya antara Muhammadiyah dengan Pemerintah, kemungkinan pemerintah menetapkan tanggal Idul Adha pada hari Minggu 10 Juli 2022. Namun tentunya hasilnya nanti sesuai dengan sidang Isbat yang dilaksanakan.

Masyarakat sendiri tidak ambil pusing dengan adanya perbedaan tanggal tersebut, yang menjadi sorotan ialah harga bahan pokok, masyarakat berharap harga daging sapi dan bahan pokok harian tidak melambung harganya, diharap pemerintah bisa mengatur dan mengontrol agar tidak terjadi pelonjakan harga.