Alasan Timnas Indonesia Hanya Bawa 2 Kiper ke Turki

Indonesia berangkat ke Turki untuk pertandingan uji coba melawan Myanmar dan Afghanistan, Namun Squad Timnas hanya membawa 2 kiper. Ini alasan lengkapnya

Alasan Timnas Indonesia Hanya Bawa 2 Kiper ke Turki
Timnas Indonesia . Gambar : PSSI

BaperaNews - Tim Nasional Indonesia kini telah bertolak ke Turki untuk menjalani serangkaian latihan dan menjalani uji coba pertandingan bertaraf internasional melawan Myanmar dan Afghanistan. Namun, dari total pemain yang totalnya berjumlah 24 orang, hanya ada 2 pemain yang bertindak sebagai kiper dalam uji coba pertandingan internasional tersebut.

Dua kiper yang turut serta hadir ke Turki antara lain Syahrul Trisna Fadila (Persikabo 1973) dan Muhammad Riyandi (Barito Putera).

Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI) memberikan penjelasan, bahwa Tim Nasional Indonesia sesungguhnya telah menghubungi pihak Bali United untuk mengikutsertakan kipernya sebagai tambahan satu kiper lagi yang berangkat ke Turki.

Namun ternyata Bali United sangat membutuhkan dukungan dari penggawanya, Nadeo Argawinata dalam gelaran sepak bola bergengsi Liga 1. Sehingga dengan sangat terpaksa hanya ada 2 kiper dari Tim Nasional Indonesia yang berangkat ke Turki.

“Kami sebenarnya telah menunggu kedatangan Nadeo Argawinata, tapi Bali United merasa keberatan dan ingin dirinya tetap tinggal,” kata Irawan pada kesempatan pelepasan Tim Nasional Indonesia yang akan bertolak ke Turki saat berada di Hotel Sultan, Jakarta.

Keberangkatan Timnas ke Turki tersebut bisa dijadikan sebagai momentum penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi gelaran sepak bola Piala AFF mendatang.

Nadeo Argawinata ternyata hendak membela Bali United sebagai kiper andalan saat menjalani pertandingan seri kedua Liga 1. Meski Nadeo Argawinata baru merumput sebanyak empat kali, namun ia berhasil menggeser posisi rekannya yang lebih dulu berkiprah di dunia sepak bola yakni Wawan Hendrawan.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Shin Tae Yong (Pelatih Tim Nasional), setidaknya ada 24 pemain andalan Tim Nasional Indonesia yang berangkat ke Turki untuk menjalani serangkaian pelatihan. Namun masalah komposisi pemain yang nantinya akan ditetapkan dalam gelaran Piala AFF masih bisa berubah, termasuk salah satunya pada posisi pentingnya yakni penjaga gawang.

“Sebenarnya, jika mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan pihak AFF, setidaknya setiap negara bisa mendaftarkan pemain hingga batas maksimal 30 pemain,” kata Shin Tae Yong (Pelatih Tim Nasional).

“Saat ini, saya pribadi tak bisa mengusulkan banyak pemain yang ikut, karena yang paling penting bagi saya adalah untuk kompetisinya. Untuk pemain tambahan, kita pikirkan nanti,” tambahnya.