Alasan Alfamart dan Indomaret Tidak Beroperasi di Padang

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak ada Alfamart atau Indomaret di Padang. Berikut alasan di balik ketiadaan minimarket raksasa tersebut.

Alasan Alfamart dan Indomaret Tidak Beroperasi di Padang
Alasan Alfamart dan Indomaret Tidak Beroperasi di Padang. Gambar : Merdeka.com/Dok. Darmadi Sasongko

BaperaNews - Alfamart dan Indomaret saat ini menjadi minimarket paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sangat mudah untuk menemukannya, hampir di tiap daerah, kecamatan, bahkan tiap desa terlebih di kota besar ada Alfamart dan Indomaret.

Namun ternyata Alfamart dan Indomaret tidak bisa ditemukan di semua kota Indonesia, salah satunya ialah di Padang, Sumatra Barat.

Sama sekali tak ada gerai Indomaret maupun Alfamart di kawasan tersebut. Padahal Padang juga dikenal sebagai kota besar yang sering didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kenapa tidak ada Alfamart dan Indomaret di Padang? Berikut alasan Alfamart dan Indomaret tidak ada di Padang.

3 Alasan Alfamart dan Indomaret Tidak Ada di Padang

Tidak Mendapat Izin dari Pemda

Pemerintah daerah Padang tidak mengizinkan Alfamart dan Indomaret membuka gerai di wilayahnya karena dikhawatirkan bisa mengganggu usaha rakyat kecil dan pedagang tradisional.

Diketahui Alfamart dan Indomaret menjual berbagai kebutuhan rumah tangga hingga makanan ringan sama seperti yang dijual oleh para pedagang sembako, dikhawatirkan masyarakat beralih ke Alfamart dan Indomaret yang umumnya menjual jenis barang dagangan lebih lengkap sehingga bisa mengurangi ekonomi pedagang kecil.

Baca Juga : Mau Buka Indomaret? Catat Dulu Nih Biaya yang Dikeluarkan

Mementingkan Usaha Masyarakat Kecil

Pemda tidak mengizinkan adanya Alfamart dan Indomaret di wilayahnya juga agar masyarakat Padang mau dan bisa memiliki jalan untuk usaha berdagang, salah satunya berdagang sembako atau membuka minimarket kecil agar bisa mendorong kemajuan ekonomi untuk rakyat setempat.

Warga Padang selama ini banyak pula yang memiliki usaha semacam toserba, diharapkan bisnis ini tetap berjalan tanpa harus kedatangan dua raksasa minimarket tersebut.

Padang Punya Gerai Mirip Indomaret dan Alfamart

Di Padang, ada gerai mirip Alfamart dan Indomaret yang bernama Halal Mart. Gerai minimarket ini dirancang oleh Walikota Padang, seluruh barang yang dijual di dalamnya diproduksi dan disediakan oleh masyarakat Padang sendiri, jadi bisa menjadi ladang ekonomi untuk para pedagang tradisional.

Sejumlah gerai Halal Mart mudah ditemukan di Padang di samping usaha-usaha sembako milik masyarakat lainnya.

Itulah alasan kenapa hingga saat ini tidak ada gerai Alfamart dan Indomaret di Kota Padang. Semoga bisa menambah pemahaman Anda, jadi kalau berkunjung ke Padang tak perlu heran lagi ya, Anda masih bisa temukan barang-barang kebutuhan harian di toko-toko yang dibuka oleh masyarakat lokal.

Baca Juga : Lebih Kaya Bos Indomaret Atau Bos Alfamart? Ini Penjelasannya!