Fakta-Fakta Kecelakaan Bus di Guci: 1 Tewas dan 31 Orang Luka

Kecelakaan bus terjadi di Guci, Jawa Tengah yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 36 orang luka-luka. Simak fakta dan kronologinya di sini.

Fakta-Fakta Kecelakaan Bus di Guci: 1 Tewas dan 31 Orang Luka
Fakta-Fakta Kecelakaan Bus di Guci. Gambar : Antara Foto/Dok. Tois

BaperaNews - Sebuah bus yang mengangkut rombongan wisata jatuh terperosok ke Sungai Awu yang berada di daerah wisata Guci, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Tegal, Jawa Tengah pada Minggu (7/5).

Di dalam bus terdapat rombongan peziarah dari Tangerang Selatan. Bus tiba-tiba meluncur jatuh ke bawah padahal tidak ada sopir di dalamnya.

Bus pun terjun ke sungai Awu, menyebabkan 31 orang luka, 6 orang selamat, dan 1 tewas. Berikut fakta - fakta kecelakaan bus di Guci yang telah dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News. 

Fakta - Fakta Kecelakaan Bus di Guci 

Bus Meluncur Tanpa Sopir

Pukul 09.30 WIB, bus meluncur ke bawah, bus diparkir di tempat parkir namun tiba-tiba jatuh terjun ke sungai Awu bersamaan dengan teriakan orang-orang yang ada di dalamnya dan warga di sekitar lokasi.

Bus saat itu sedang dipanasi, penumpang sudah naik, sopir masih berada di luar bus. Diduga rem tangan tidak berfungsi sehingga bus jalan meluncur sendiri ke bawah. Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod menyebut bus masuk ke sungai Awu, bukan jurang.

Baca Juga : Penyesalan David, Pengemudi Mobil Berplat Palsu Polri Yang Aniaya Sopir Taksi Online

Mesin Bus dalam Kondisi Hidup

Bus bernopol B 7260 CGA itu dalam kondisi hidup mesinnya ketika kecelakaan bus di Guci terjadi, sopir sedang memanasi bus tersebut.

Meski banyak dugaan sopir bus tidak mengaktifkan rem tangan ketika meninggalkan bus di parkiran, namun sopir menegaskan ia sudah mengaktifkan rem tangan bahkan ban bus sudah diganjal dengan batu.

“Busnya baru saja dari Pemalang, itu dari Guci jam 9 malam, waktu kejadian rem tangan kondisi lengkap, roda juga diganjal dengan benar, ini tidak terduga. Penumpang saat itu belum masuk semua, baru setengahnya. Jumlah penumpang tidak sampai 59, jumlah pastinya panitia yang tahu. Sepanjang perjalanan sebelumnya tidak ada masalah” tutur Romani sopir bus tersebut.

Kondisi Korban Kecelakaan Bus Di Guci

Korban yang terluka dibawa petugas ke Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat, diantaranya ke RSUD Dr Soeselo Slawi dan Puskesmas Bumijawa.

“Semua korban sudah dievakuasi. Untuk mobilnya kemungkinan ada kesalahan teknis sehingga meluncur tidak terkendali dan masuk sungai” terang Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata Tegal Ahmad Uwes.

Ada 38 Penumpang, 1 Tewas

Jumlah penumpang ternyata ada 38 orang. 31 luka-luka, 6 selamat, dan 1 tewas.  Puluhan korban kecelakaan bus di Guci tersebut masih mendapat pertolongan medis.

“Yang meninggal dunia satu orang atas nama Bapak Marja, asalnya dari Serpong, Tangerang Selatan. Untuk yang luka ada penanganan intensif, ada yang hanya perlu masuk IGD saja” jelas Kabag TU RSUD Dr Soeselo Slawi Tegal Sri Harso.

Baca Juga : Tanggapan Pertamina Soal Bus Tabrak Petugas SPBU di Ogan Ilir Hingga Tewas