Resmi! Siaran Radio BBC Indonesia Akan Tutup Pada Akhir Tahun 2022

Siaran radio BBC Indonesia mengumumkan akan pergi dari dunia radio mulai tahun 2023 mendatang setelah mengudara selama 73 tahun, sejak tahun 1949.

Resmi! Siaran Radio BBC Indonesia Akan Tutup Pada Akhir Tahun 2022
Ilustrasi Foto Siaran Radio BBC Indonesia akan tutup pada akhir tahun 2022. Gambar : unsplash.com/Dok. John Hult

BaperaNews - BBC Indonesia mengumumkan akan pergi dari dunia radio mulai tahun 2023 mendatang. Siaran radio BBC Indonesia telah mengudara selama 73 tahun, sejak tahun 1949. Kini siaran radio BBC Indonesia hanya akan fokus pada web dan media sosial.

“BBC Indonesia akan undur diri dari dunia gelombang radio mulai 30 Desember 2022 mendatang” tulisnya di laman resmi Facebook pada Senin (26/12).

Apa alasan siaran radio BBC Indonesia tutup? ini alasan siaran radio BBC Indonesia tutup yang telah dirangkum oleh tim Redaksi BaperaNews. 

Alasan siaran radio BBC Indonesia tutup ialah kurangnya peminat dari masyarakat. Nantinya, siaran radio BBC Indonesia akan beralih secara penuh ke digital, termasuk hadir di berbagai media sosial. BBC Indonesia menyajikan berita dari seluruh dunia dengan buletin pendek bahasa Indonesia yang menarik perhatian anak muda.

“Berbagi buletin pendek dalam Bahasa Indonesia yang dikemas dengan agenda dan gaya menarik untuk menarik anak muda” imbuhnya.

BBC Indonesia telah memulai siaran radionya pada 30 Oktober 1949, empat tahun usai Indonesia merdeka. Sejak saat itu, BBC Indonesia selalu menyapa pendengar, dari siaran Jakarta maupun London, serta jadi salah satu siaran radio favorit masyarakat.

Namun seiring berkembangnya jaman, radio banyak ditinggalkan, masyarakat beralih ke media sosial dan televisi. Sebelumnya pada September 2022, BBC telah menutup 382 posisi World Service untuk penghematan, juga menutup siaran radio di 9 bahasa lain seperti Arab, China, Persia, dan Bengali.

Baca Juga : Zenly Ditutup Februari 2023, Simak Cara Unduh Data Pengguna Agar Tak Hilang

“Meski tidak ada biro mancanegara yang ditutup, banyak diantara biro itu yang hanya fokus pada layanan online untuk meningkatkan pemirsa” ujar BBC Indonesia kala itu.

BBC Indonesia mengaku terpaksa menutup sejumlah layanannya karena biaya lisensi terus naik, terlebih terjadi inflasi di Inggris Raya, maka BBC Indonesia memilih untuk memperluas layanan digitalnya.

“Peran BBC tak pernah sepenting ini di seluruh dunia, dipercaya ratusan juta manusia, memberi berita yang imparsial dan adil, terutama untuk Negara yang kekurangan informasi “ ujar Direktur BBC World Service Liliane Landor.

“Kami akan terus membantu semua orang di masa kritis, menghadirkan jurnalisme yang terbaik untuk audiens dalam bahasa Inggris juga lebih dari 40 bahasa lainnya, kami akan tingkatkan pengaruh jurnalisme kami, untuk membuat produk jurnalistik dan perkembangan yang lebih jauh” pungkasnya.

Di Inggris, siaran radio BBC masih populer, ada acara yang menampilkan penyanyi secara live dan wawancara selebriti terkenal, BBC London juga menampilkan kabar menarik di Instagram mereka.

Namun untuk Indonesia sendiri masyarakatnya lebih menyukai dan tertarik pada pemberitaan digital, di web juga di media sosial.

Baca Juga : Selamat Tinggal Covid-19! RSDC Wisma Atlet Tutup 31 Desember 2022