75 Pegawai Kominfo Positif Covid-19, Menteri Kominfo Terapkan Work From Home

75 pegawainya Kominfo dikabarkan positif Covid-19 di sepanjang bulan Januari dengan gejala ringan, Menteri Kominfo ambil langkah untuk terapkan Work From Home.

75 Pegawai Kominfo Positif Covid-19, Menteri Kominfo Terapkan Work From Home
75 Pegawai Kominfo Positif Covid-19, Menteri Kominfo Terapkan Work From Home. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika mengumumkan bahwa 75 pegawainya positif terinfeksi virus Covid-19 di sepanjang bulan Januari dengan gejala ringan.

Banyaknya pegawai yang positif Covid-19 membuat Johnny G. Plate memerintahkan pembatasan kerja serta penerapan Work From Home (WFH) secara bergantian sesuai dengn perkembangan kasus Covid-19 dan kondisi kesehatan di lingkungan Kementerian Kominfo.

"Kementerian Kominfo juga mendorong para pejabat struktural dan seluruh pegawai yang sedang merasa kurang sehat agar dapat melaksanakan Work From Home (WFH) dan disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan masing-masing," ujar Johnny.

Langkah ini diambil untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pegawai Kementerian Kominfo di tengah pandemic Covid-19. Johnny pun menegaskan walaupun Kementerian Kominfo melakukan pembatasan kerja tetapi akan tetap mengedepankan pelayanan publik secara profesional, akuntabel, dan transparan.

“Kesehatan dan keselamatan bangsa Indonesia adalah yang utama. Langkah-langkah penekanan penyebaran Covid-19 turut dilakukan oleh internal Kementerian Kominfo, salah satunya melalui pengelolaan sistem kerja di kantor secara bergantian tanpa mengesampingkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Johnny dalam keterangannya, Selasa (31/1).

Johnny menjelaskan penerapan Work From Home di Kementerian Kominfo dilakukan secara bergantian, jadi tidak semua pegawai masuk dalam hari yang sama. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2022, seluruh kegiatan di wilayah kriteria Level 2 wajib menerapkan pembatasan kegiatan, yakni 75% untuk sektor esensial dan 50% untuk sektor non-esensial.

Baca Juga: Nelayan Merasa Terganggu Dengan Banyaknya Limbah Medis Antigen Yang Cemari Selat Sisi Banyuwangi

Menurut Johnny, kantor pusat Kementerian Kominfo yang berlokasi di Jakarta Pusat merupakan wilayah yang masuk dalam kriteria level 2 dan memberikan layanan di sektor esensial teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) pun turut menerapkan pembatasan kegiatan.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan bahwa Kementerian Kominfo terus mendorong segenap pimpinan dan pegawai untuk mengurangi kegiatan di pusat keramaian apabila keperluan tersebut tidak mendesak. Agar dapat mengurangi potensi tertularnya Covid-19.

Dia pun mengingatkan jika ada keperluan yang mendesak untuk berada di pusat keramaian agar para pemimpin atau pegawai selalu mematuhi protokol kesehatan ketat. Dan ia menghimbau untuk para pegawainya agar melakukan vaksinasi booster jika sudah mendapatkan tiket vaksinasi booster.

“Dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan utamanya mengenakan masker di mana pun berada. Selain itu, juga diharapkan para pegawai untuk segera melakukan vaksinasi booster bagi yang sudah mendapatkan tiket vaksinasi booster,” jelas Johnny

Baca Juga: 90 Relawan Siap Disuntik Vaksin Merah Putih Unair Untuk Cegah Covid-19