Jelang Lebaran, Perajin Keripik Singkong di Sumenep Kebanjiran Pesanan

Para perajin keripik singkong di Manding, Sumenep mulai kebanjiran pesanan sejak awal puasa hingga menjelang hari raya lebaran 2023.

Jelang Lebaran, Perajin Keripik Singkong di Sumenep Kebanjiran Pesanan
Perajin Keripik Singkong di Sumenep Kebanjiran Pesanan. Gambar : DetikTravel/Dok. Shafa

BaperaNews - Ramadhan dan lebaran seringkali membawa berkah bagi semua orang, yang paling mencolok ialah para pemilik usaha makanan kering dan jajan. Mereka banyak mengalami peningkatan pendapatan karena naiknya permintaan.

Pesanan biasanya sudah datang sejak ramadhan dimulai, memang di Indonesia ada tradisi untuk menyiapkan jajan di hari lebaran, juga membagikan kepada saudara atau orang terdekat dalam bentuk hampers.

Lebaran memang identik dengan makanan dan minuman enak. Biasanya, hampir di semua rumah menyediakan jajan untuk tamu, mulai dari kue, permen, roti, buah, hingga keripik.

Para perajin keripik singkong di Manding, Sumenep mulai kebanjiran pesanan sejak awal puasa ramadhan. Pembuatnya yang didominasi oleh ibu-ibu semangat membuat keripik dan menggorengnya di dapur.

Sebagaimana yang nampak di Home industri keripik singkong Surya Sakti, permintaan naik 100% di bulan Ramadhan ini.

“Alhamdulillah banyak pesanan, ada yang sampai ke Malang dan Sidoarjo, sekali kirim bisa 1 kwintal sampai 1 ton” tutur Rahma, pemilik keripik singkong Surya Sakti di rumahnya pada Kamis (6/4).

Kenaikan permintaan juga terjadi pada jajan lain seperti marning atau jagung goreng, sebab itu ia dan perajin lainnya membuat dalam jumlah banyak untuk memenuhi pesanan pembeli.

Baca Juga : 11 Tempat Wisata Bandung saat Libur Lebaran 2023!

Biasanya keripik singkong memang disajikan berdampingan dengan kue kering, agar tamu yang datang tidak bosan, bisa mencoba berbagai menu jajan.

“Keripik singkong dan jagung ini harganya murah meriah, serba Rp 5000, selain untuk sajian di hari lebaran, bisa juga untuk hampers kepada keluarga atau rekan yang datang ke rumah” sambung Ahmad Zaini yang juga memiliki usaha keripik singkong.

Kecamatan Manding, Sumenep selama ini memang terkenal sebagai salah satu sentra produksi keripik dan marning terbesar. Usaha ini berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu di desa setempat.

Umumnya keripik singkong di Sumenep punya dua varian rasa yakni rasa pedas dan rasa bawang. Keripik singkong juga dijual dalam kemasan kecil hingga ukuran jumbo bagi pembeli yang ingin menjualnya kembali.

Keripik singkong tidak membosankan untuk dimakan, cocok dinikmati sembari berkumpul bersama keluarga besar. Ditambah harganya yang terjangkau membuat jajan ini makin diminati pembeli. Bagaimana dengan Anda, ikut menyiapkan jajan keripik singkong untuk lebaran juga?

Baca Juga : 9 Daftar Tempat Wisata Surabaya Murah yang Seru untuk Liburan