YouTube Uji Coba Layanan Streaming TV, Apakah Gratis?

Platform streaming video YouTube dikabarkan sedang melakukan uji coba layanan streaming TV, apakah nanti akan diberikan secara gratis?

YouTube Uji Coba Layanan Streaming TV, Apakah Gratis?
YouTube uji coba layanan streaming TV. Gambar : pixabay.com/Dok. TymonOziemblewski

BaperaNews - Platform streaming video YouTube kabarnya sedang menguji coba layanan baru yang membuat penggunanya bisa menonton siaran TV gratis, dengan iklan. Jubir perusahaan YouTube yang tidak disebutkan identitasnya memastikan uji coba tersebut akan semakin diperluas.

Sejumlah perusahaan seperti Lionsgate, A&E, History, FYI, dan Lifetime diajak bekerjasama. YouTube juga telah menampilkan siaran dari berbagai media luar negeri gratis.

YouTube uji coba layanan streaming baru ini terus dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendapat dan tanggapan dari pengguna, apakah mereka antusias dengan layanan terbaru tersebut.

Jika respon pengguna sesuai dengan target dan ekspektasi YouTube, maka YouTube akan meminta potongan 45% untuk pendapatan iklan, hal ini juga diberlakukan kepada seluruh konten kreatornya.

Layanan streaming TV yang diumumkan YouTube ini diumumkan usai beberapa perusahaan streaming video lain menawarkan paket langganan yang lebih murah dengan disisipi iklan, misalnya dari Netflix, Disney Plus, Peacock, dan HBO Max.

Maka YouTube juga tak mau ketinggalan dan membuat layanan terbaru. Tahun 2022 lalu Netflix dan Disney Plus sudah memperkenalkan paket langganan dengan harga 7,99 Dollar AS atau Rp 118.000 per bulan untuk siaran dengan iklan, sedangkan siaran dengan sisipan iklan lebih mahal yakni 10,99 Dollar AS atau Rp 160.000 per bulan.

Baca Juga : YouTube Akan Rilis Kebijakan Tentang Larangan Komentar Buruk Dan Spam

Untuk Netflix, mereka memberi pilihan biaya langganan tanpa iklan atau paket Basic 8 dollar AS atau Rp 120.000 per bulan, untuk harga lebih terjangkau dengan iklan 6,99 dollar AS atau Rp 107.000 per bulan.

YouTube juga dikabarkan akan melakukan hal serupa, belum diketahui apakah layanan streaming TV akan selamanya gratis atau juga dikenai biaya langganan.

Jika layanan streaming TV dengan iklan gratis benar-benar diluncurkan, maka hal ini bisa mendorong YouTube terus berkembang dan semakin meraup pengguna. Pengguna disebut bisa memilih opsi layanan streaming berbayar di YouTube TV atau layanan streaming gratis dengan iklan.

Inovasi ini bisa jadi salah satu alternatif perusahaan untuk bisa bersaing dengan layanan streaming lain yang menawarkan layanan dengan harga.

YouTube sendiri saat ini memiliki pengguna dalam jumlah besar dari seluruh dunia, YouTube menawarkan streaming video secara gratis dengan sisipan iklan, membuat pengguna lebih menyukainya karena tak perlu keluar uang tambahan untuk biaya bulanan.

Baca Juga : Baru! Fitur Corrections YouTube, Tak Perlu Upload Ulang Video