6 Kekurangan TWS yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

Sebelum membeli TWS (True Wireless Stereo), pelajari 6 kekurangan yang perlu kamu ketahui. Dari daya tahan baterai yang terbatas hingga kualitas suara.

6 Kekurangan TWS yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya
Kekurangan TWS yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Gambar : Kreator BaperaNews via Canva.com

BaperaNews - Teknologi True Wireless Stereo (TWS) telah menjadi tren yang populer dalam penggunaan earphone nirkabel. Kelebihan TWS menawarkan kebebasan tanpa kabel yang mengganggu, kenyamanan penggunaan, dan kemampuan mendengarkan musik secara bebas. 

Walau TWS terus berkembang pesat dengan banyak merek dan model yang tersedia dengan berbagai fitur dan harga. TWS tetap seperti produk teknologi lainnya, TWS juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

Pada kesempatan kali ini Bapera News akan membahas 6 kekurangan TWS yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan TWS.

Baca Juga : Apa Itu TWS dan Awal Mulanya di Dunia Teknologi

6 Kekurangan TWS:

1. Kapasitas Baterai yang Terbatas

Kapasitas Baterai yang Terbatas

Gambar : freepik.com

TWS umumnya memiliki kapasitas baterai yang terbatas. TWS biasanya memiliki daya tahan baterai sekitar 3 hingga 6 jam tergantung pada merek dan modelnya. 

Berarti kamu perlu mengisi daya baterai secara teratur, terutama jika kamu menggunakan TWS untuk aktivitas sehari-hari yang intens. Kapasitas baterai yang terbatas juga membatasi waktu pemutaran musik tanpa harus mengisi daya ulang.

Namun, beberapa produsen TWS telah menghadirkan solusi dengan menyediakan kasus pengisian baterai yang dapat memperpanjang waktu pemakaian hingga 24 jam atau lebih.

2. Gangguan atau Putusnya Koneksi Bluetooth Saat Digunakan

Gangguan atau Putusnya Koneksi Bluetooth Saat Digunakan

Gambar : freepik.com

TWS menggunakan koneksi Bluetooth untuk terhubung dengan perangkat audio. Salah satu kekurangan TWS adalah kemungkinan terjadinya gangguan atau putusnya koneksi Bluetooth saat digunakan. 

Hal tersebut bisa terjadi jika ada gangguan sinyal, jarak antara TWS dan perangkat terlalu jauh (melebihi jangkauan koneksi Bluetooth sekitar 10 meter), atau ada perangkat lain yang menggunakan frekuensi yang sama. 

Koneksi yang terputus dapat mengganggu pengalaman mendengarkan musik dan memerlukan proses penyambungan kembali. Namun, produsen TWS terkemuka terus mengembangkan teknologi koneksi yang lebih stabil untuk mengatasi masalah ini.

3. Kemungkinan Hilang atau Terjatuhnya tws

Kemungkinan Hilang atau Terjatuhnya tws

Gambar : freepik.com/Dok. Wirestock

Kekurangan TWS satu ini selalu menjadi alasan utama karena TWS tidak terhubung dengan kabel, ada risiko hilang atau terjatuh saat penggunaan. Kehilangan TWS bisa menjadi masalah yang mengganggu dan mahal untuk menggantinya. 

Selain itu, kejatuhan TWS dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa produsen TWS menyediakan aksesori tambahan seperti tali pengaman atau earhook yang dapat digunakan untuk menjaga agar TWS tetap aman dan tidak mudah hilang atau terjatuh.

4. Risiko Kerusakan Akibat Keringat atau Air

Risiko Kerusakan Akibat Keringat atau Air

Gambar : prohavit.com

Tidak semua TWS tahan terhadap keringat atau air. Penggunaan TWS saat berolahraga atau di lingkungan yang lembab dapat meningkatkan risiko kerusakan akibat kelembapan atau cipratan air. 

Jika TWS tidak memiliki perlindungan terhadap keringat atau air, risiko kerusakan dapat semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih TWS yang memiliki sertifikasi tahan air (seperti IPX4 atau lebih tinggi) agar tetap berfungsi dengan baik bahkan dalam kondisi lingkungan yang lembab atau berkeringat.

Baca Juga : 6 Kekurangan TWS yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membelinya

5. Harganya Lebih Mahal dari Earphone Biasa

Harganya Lebih Mahal dari Earphone Biasa

Gambar : Kreator BaperaNews via Canva.com

Salah satu kekurangan TWS adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan earphone biasa dengan kualitas suara yang setara. 

Fitur-fitur tambahan seperti konektivitas Bluetooth, desain nirkabel, dan TWS ANC dengan teknologi noise-cancelling membuat harga TWS menjadi lebih tinggi. 

Jadi, jika kamu memiliki anggaran terbatas atau tidak memerlukan fitur-fitur tersebut, memilih earphone biasa mungkin menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

6. Adanya Delay Suara

Adanya Delay Suara

Gambar : Kreator BaperaNews via Canva.com

TWS memiliki latency (penundaan) suara yang bisa terjadi saat menggunakan koneksi Bluetooth. Delay suara ini bisa menjadi masalah terutama saat menonton video atau bermain game di perangkat yang terhubung dengan TWS. 

Terdapat perbedaan waktu antara suara yang dihasilkan oleh perangkat dengan suara yang didengar melalui TWS. Hal ini dapat mengurangi pengalaman multimedia yang immersif dan mengganggu sinkronisasi audio dan video.

Solusi Mengatasi Kekurangan TWS

Solusi Mengatasi Kekurangan TWS

Gambar : Kreator BaperaNews via Canva.com

Meskipun TWS memiliki beberapa kekurangan, ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Pilih TWS dengan kapasitas baterai yang lebih tinggi untuk waktu pemutaran musik yang lebih lama.
  • Pastikan TWS kamu terhubung dengan perangkat yang kompatibel dan tidak terlalu jauh dari perangkat untuk menjaga koneksi Bluetooth yang stabil.
  • Gunakan aksesori tambahan seperti tali pengaman atau earhook agar TWS lebih aman dan tidak mudah hilang atau terjatuh.
  • Pilih TWS dengan sertifikasi tahan air atau tahan keringat untuk melindungi dari kerusakan akibat kelembapan.
  • Sesuaikan budget dan fitur yang kamu butuhkan dengan memilih TWS yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.
  • Pastikan TWS kamu memiliki fitur low latency atau mode gaming jika kamu sering menggunakan TWS untuk bermain game.

Dalam memilih TWS (True Wireless Stereo), kamu perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangan yang disebutkan di atas. 

Namun, dengan pemilihan yang tepat, penggunaan yang bijak, dan solusi yang tepat, kamu dapat menikmati kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh TWS. 

Sebagai konsumen yang cerdas, pertimbangkan kekurangan TWS dan kelebihan TWS sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Silahkan lihat rekomendasi TWS terbaik 2023.

Baca Juga : Mengenal Fitur ANC, Teknologi pada TWS untuk Meredam Kebisingan