Kini Cas HP Bisa Melalui Udara

Motorola pamerkan teknologi terbarunya, mengisi baterai tanpa kontak alias lewat udara

Kini Cas HP Bisa Melalui Udara
Gambar : slashgear.com

BaperaNews - Kini, Motorola kembali memamerkan teknologi terbarunya yaitu pengisian baterai handphone melalui udara yang bernama Space Charging. 

Motorola telah mem-posting di media sosial miliknya terkait rincian mengenai teknologi barunya bernama Space Charging. Salah satu fitur yang dijelaskan yakni kemampuan untuk mengisi daya beberapa handphone sekaligus dalam jarak 3 meter. 

Belum dapat diketahui secara pasti mengenai kapan teknologi tersebut dapat dijual di pasaran. Akan tetapi, salah satu eksekutif di Lenovo telah memberikan isyarat bahwa produk tersebut hampir siap dipasarkan.

Teknologi ini diperkenalkan oleh pihak Motorola tak lama setelah sebelumnya Xiaomi mengeluarkan Mi Air Charge. 

Diketahui, Xiaomi merupakan merk pertama yang memperkenalkan teknologi pengisian daya melalui udara.

Pada awalnya, pengenalan teknologi Space Charging keluaran Motorola hanya mampu melakukan pengisian daya hanya satu handphone dan berjarak satu meter, tetapi kini telah dilakukan perkembangan terkait masalah keterbatasan jarak tersebut.

Kini, teknologi Space Charging sudah bisa melakukan pengisian daya pada 4 handphone sekaligus, dan diklaim dapat melakukan pengisian daya hingga jarak 3 meter dan area seluas 100 derajat dari stasiun pengisian.

Teknologi Space Charging memiliki 1600 antena yang melakukan pemindaian secara rutin pada handphone yang ada disekitarnya. Teknologi ini diklaim memiliki pengisian daya yang stabil.

Motorola yang saat ini menjadi sub brand dari Lenovo ini mengatakan bahwa Space Charging dapat mengisi daya melalui kulit, kertas, dan juga objek sejenisnya. Akan tetapi, dalam segi keamanan pengisian daya ini akan berhenti ketika terdeteksi keberadaan manusia lewat ‘teknologi monitoring biologis’, sebagaimana mengutip dari Gizmochina.

Belum ada pernyataan resmi terkait kecepatan pengisian daya pada teknologi Space Charging ini. Akan tetapi, sebuah akun bernama 'Digital Chat Station' berkata bahwa Space Charging memiliki daya maksimum pengisian di 5 Watt, seperti disebut Android Authority.

Kecepatan pengisian tersebut termasuk dalam kategori sangat lambat karena saat ini pengisian baterai cepat kebanyakan mencapai 65 W. Terlebih, kapasitas baterai handphone saat ini sudah lumayan besar, berada di kisaran 4000 mAH dan juga 5000 mAh.